بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Mitos Ibu Hamil beserta fakta

Mitos Tentang Kehamilan - Apakah anda masih ragu harus mempercayai mitos dan beberapa pantangan selama hamil dan menyusui atau tidak, simak ulasan berikut ini sebagai referensi .

 apa saja?
Gambarbini merupakan gambar seorsng wanita berambut pirang dengan kedua telinga berasap karena kesal
Gambar : pexels
1. Tidak boleh duduk di batu panas karena bisa membuat ari-ari bayi lengket

Moms, apa hubungan nya batu sama ari-ari, seolah ari-arinya di pasangi lem saja. Sudah jelas ari-ari harus lengket di rahim kalau tidak nempel atau lengket bisa berbahaya buat hidup janin didalam.

Ari-ari yang menempel di rahim sebagai media lalu lintas nutrisi dari tubuh ibu yang akan di hantarkan ke janin. Kalau masalah ari-ari sulit dilepaskan saat melahirkan, itu hanya faktor bawaan dari diri masing masing ibu hamil. Ada yang ari-ari nya menempel lemah hingga membuat ari ari rentan lepas didalam rahim sehingga bisa menyebabkan bayi meninggal di dalam rahim atau terjadinya persalinan prematur.

Ada juga ari-ari yang menempel erat pada dinding rahim, sehingga agak sulit lepas dengan sendirinya dan membutuhkan bantuan ahli medis.

Oleh karena itu tidak ada kaitannya menduduki batu yang agak panas dengan pelekatan ari-ari di dinding rahim.

2. Tidak boleh melilitkan jilbab atau handuk di leher karena bisa membuat bayi terlilit tali pusar

hello moms. bayi di dalam apa hubungannya sama leher. terlilitnya leher bayi oleh tali pusar disebabkan oleh dua hal. pertama, aktivitas bayi yang aktif jungkir balik di rahim.

Yang kedua nih, para ibu-ibu yang suka pijat kehamilan. berhubung pemijat tidak bisa melihat  dimana letak ari ari dan anggota tubuh secara pasti, ada kemungkinan pemijatan yang dilakukan mengakibatkan perputaran janin kearah yang dapat membuatnya terlilit tali pusar sendiri.

3. jangan suka ngemilin beras dan makanan berlemak nanti anak lahir kulitnya putih berlemak.

Moms, sebagian ibu memang mengeluhkan anaknya lahir berlemak. jangan khawatir justru lemak yang menempel dibadan bayi berfungsi sebagai penghangat alias menjaga suhu badan bayi agar normal dan tidak kedinginan. beberapa bayi , lemak ini hilang menjelang kelahiran dan sebagian lagi terbawa saat kelahiran.

4. Tidak boleh makan dan minum di bejana sumbing  karena bisa membuat bayi terlahir sumbing.

masih percaya yang ginian. Gak sadar ini bisa dikatakan syirik. memangnya piring sumbing punya ilmu dan kekutan apa bisa bikin anak sumbing. Sumbing yang dialami bayi baru lahir disebabkan banyak faktor. beberapa diantaranya karena

- kecelakan atau jatuh saat hamil
- kurang nya asupan nutrisi seperti vitamin b9
- cacat bawaan

5. Harus makan dan minum dipiring dan gelas yang kecil biar mulut anak bagus kecil dan imut.


kalau makan dan minum di piring dan gelas yang besar dan lebar bisa bikin mulut anak lebar.  Moms, besarnya piring dan gelas tidak bisa dijadikan pedoman lebar mulut bayi karena bagaimana pun bentuk wajah bayi merupakan hasil dari gen orang tuanya.

6. Tidak boleh memotong hewan saat istri lagi hamil bisa bikin leher bayi luka seperti teriris.

Yang suami nya tukang potong ayam ma tukang potong sapi bisa bisa kehilangan pekerjaan donk karena tidak boleh menyembelih..

Moms leher bayi yang lecet dikarenakan pada saat beberapa bulan setelah kelahiran, leher bayi masih tergolong pendek sehingga menyebabkan lipatan dileher bayi.

Saat bayi berkeringat, keringat akan menyatu dengan daki atau kotoran kulit sehingga menyebabkan iritasi pada daerah lipatan leher. Selain itu penggunaan bedak pada leher bayi juga meningkatkan resiko leher bayi terluka karena menggumpal bersama keringat terlalu lama menyebabkan iritasi dan luka solusinya adalah menjaga kebersihan leher bayi dan menjaganya agar tetap kering. Lagian seiring bertambahnya usia luka lipatan dileher bayi akan hilang dengan sendiri nya.

7. Minum air kelapa bisa bikin kulit bayi kinclong dan ketuban jernih


Minum air kelapa muda bikin kulit bayi halus dan ketuban bersih. benarkah?

Banyak nya ibu hamil yang berbondong bondong membeli air kelapa muda dengan harapan kulit bayi nya akan terlihat mulus dengan ketuban yang bersih. Tentu menjadi suatu hal yang biasa bagi masyarakat umumnya.

Namun, benarkah mitos ini,

Nyatanya kelapa muda mengandung banyak unsur vitamin dan memiliki kandungan elektrolik yang tinggi yang bermanfaat untuk menambah tenaga, mencukupi gizi hingga mencukupi cairan tubuh. Bahkan sangat bermanfaat untuk menambah energi saat persalinan.

Belum ada penelitian yang jelas tentang pengaruh air kelapa muda pada kemulusan kulit bayi serta kejernihan air ketuban.


8.Harus Makan Banyak 


Kehamilan adalah suatu keadaan dimana anda bukan lah anda yang biasa, dimana hanya satu jiwa dan raga pada diri anda.

Dengan kehamilan berarti terdapat dua insan hidup yang bernafas, bergerak dan membutuhkan makanan. Tentu nya dalam kondisi ini kebutuhan gizi tidaklah sama dari biasanya.

Seorang ibu hamil membutuhkan kalori yang lebih besar untuk kelangsungan hidup 2 nyawa, diri nya dan janinnya. Termasuk asupan vitamin dan mineral lainnya.

Namun benarkah jika dengan makan yang banyak sudah memastikan kesehatan bayi anda yang masih berada dalam kandungan??

Nyata nya, asupan makanan yang dimaksud adalah kecukupan gizi bukan patokan banyak makanan, yang menjadi pedoman kesehatan ibu hamil.



Jika seorang ibu hamil makan dalam porsi dan jumlah yang banyak belum tentu semua gizi yang dibutuhkan oleh bayi terkandung didalamnya. Maka dari itu variasi makanan bergizi seimbang harus sangat diperhatikan.

9. Mengupas buah harus dimulai dari bagian atas bukan dari tampuk, karena jika dimulai dari tampuk bayi akan terlahir sunsang.

Tu buah punya power apa sehingga bisa membuat bayi terlahir sunsang.

Faktanya bayi terlahir sunsang dikarenakan beberapa hal seperti

- bayi kesulitan berputar untuk menempatkan posisi kepalanya dibawah.

- efek pijat kehamilan, sering kali sebelum melahirkan tiba, para ibu memijatkan kandungan nya ke dukun atau tukang pijat untuk mengubah posisi kepala bayi yang berada diatas untuk di arahkan ke rongga panggul, ngenesnya nama nya bayi selalu jungkir balik di dalam rahim sehingga bayi akan berjungkir lagi menghadapkan kepalanya ke atas.

10. Minum rumput fatimah biar cepat lahiran

Moms, rumput fatimah sejatinya mengandung hormon oksitosin yang berfungsi untuk menimbulkan kontraksi. Penggunaan ini justru bisa dikategorikan berbahaya. Kenapa?

Karena wanita hamil juga memiliki hormon oksitosin dalam tubuhnya yang akan keluar saat akan melahirkan dan menimbulkan kontraksi. 

Maka dari itu penggunaan rumput fatimah saat akan melahirkan akan mengakibatkan tubuh mengalami kelebihan hormon oksitosin yang bisa berakibat fatal seperti kontraksi berlebihan yang dapat memicu robek nya jalan lahir, pendarahan dll.

11. Bedong bayi yang erat agar kaki bayi lurus sempurna

Harap-harap cemas jika seseorang mengatakan kalau anak anda memiliki kemungkinan mempunyai kaki letter O dan harus diluruskan dengan membedongnya erat-erat.

Jangan aniaya bayi anda dengan fakta yang belum jelas

Bunda, rahim kita tidak cukup besar hingga janin didalamnya bisa berdiri tegak layaknya anak pada usia 5 tahun. Bayi yang ada di dalam rahim sudah pasti meringkuk karena sempitnya rahim untuk seukuran tubuhnya.

Jadi bunda, jangan menjadikan hal ini sebagai buah pikiran, karena seiring dengan berjalannya waktu, dan memasuki usia 1 tahun ke atas, kaki akan melurus dengan sendirinya.

Bedonglah sewajarnya, jangan terlalu erat, karena membedong terlalu erat juga tidak baik bagi tubuh dan kesehatan bayi. Ketatnya bedong bisa menyebabkan radang panggul pada bayi. Hal ini disebabkan terbatasnya aktifitas gerak kaki bayi yang lagi aktif-aktifnya.

Jika memang ada kelainan pada tulang kaki bayi seperti letter O, biasa nya akan terlihat jelas pada usia menginjak 1 tahun ke atas.

Disamping itu, bentuk kaki bayi yang menyerupai letter O bisa disebabkan oleh beberapa hal. Seperti, bayi duduk dengan posisi kaki menyerupai huruf W atau bisa juga dikarenakan kurangnya asupan nutrisi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi.

12. Setelah melahirkan, ibu harus meletakkan bantal dipangkuan untuk menyusui bayi agar darah putih yang berbau busuk tidak menghinggapi bayi

Faktanya, bau yang kurang mengenakkan tersebut bukan berasal dari darah putih, melainkan dari sisa sisa jaringan di rahim usai melahirkan yang luruh seiring waktu. Tidak ada kaitannya dengan pengaruh pada bayi.

Untuk menghindari bau yang berlebihan ibu hanya perlu sering mengganti pembalut, dan menjaga kebersihan ms V seusai melahirkan.

13. Bayi baru lahir harus di beri gantungan bawang putih, jimat atau menaruh gunting dan sejenisnya di bawah bantal agar terhindar dari gangguan jin dan syetan.

Tahukah anda, dalam islam, ini bisa dikategorikan syirik karena mengambil pertolongan selain daripada Allah, nyata nya bawang putih dan gunting sama sekali tidak bisa mengusir jin.

Bukan kah sudah rasulullah jelaskan untuk menghindarkan diri dari gangguan jin dan setan kita dianjurkan melakukan ruqyah syar'iah berupa membaca bacaan alquran seperti surat al ikhlas, annas dan alfalaq dimana inti bacaannya merupakan permintaan perlindungan kepada allah.

Justru dengan menggantungkan bawang putih, jimat, gunting merupakan sarana kuatnya gangguan syetan terhadap bayi anda, karena justru itu yang disukai jin dan syetan yaitu anda tidak melakukan yang dianjurkan agama. Tapi justru melakukan yang jelas jelas dilarang agama.

14. Perut yang lonjong mengartikan bayi yang ada di rahim berjenis kelamin laki-laki dan perut yang bulat dan melebar berarti bayi berjenis kelamin perempuan.

Faktanya bentuk perut ibu tidak serta merta mengindikasikan jenis kelamin bayi karena bentuk perut ibu hamil yang berbeda beda lebih dikarenakan oleh:

a. Posisi janin didalam rahim yang  berputar dan berjungkir.
b. Berat janin
c. Jumlah janin yang berada didalam rahim
d. Elastisitas bawaan pada rahim dan dinding perut.

15. Tidak boleh membeli perlengkapan bayi saat usia kandungan 7 bulan kebawah berkaitan dengan anak lahir meninggal.

Hidup dan mati adalah kuasa Nya bukan hak kita untuk meng angan angan kan atau menakut nakuti. Setiap manusia pasti akan mengalaminya baik tua maupun muda, baik yang berada didunia atau masih didalam rahim.

Jadi tidak ada kaitannya dengan membeli pakaian bayi lebih awal.

Justru ini sangatlah bermanfaat menimbang ibu dan ayah tidak perlu kerepotan lagi kalau tiba-tiba sudah kontraksi. Bisa moms bayangkan, jika tidak ada persiapan pakaian bayi, tiba-tiba anda kontraksi dan melahirkan lebih awal dan belum satupun pakaian bayi yang sudah dibeli?

16. Bayi yang telat berjalan, kakinya harus di pecut dengan belut atau di pijat biar cepat berjalan

Moms tulang bayi nyata nya jauh lebih banyak dari tulang anak-anak maupun orang dewasa, kebanyakan  belum menyatu layaknya tulang orang dewasa. Bahkan,  beberapa dari tulang bayi masih merupakan tulang rawan, ditambah lagi ada tulang yang tumbuh belakangan seperti tempurung lutut.

Butuh waktu agar tulang-tulang tersebut menyatu, kuat dan tumbuh sempurna.

Beberapa bayi mengalami pertumbuhan dan mendapatkan kekuatan tulang lebih awal dan sebagian lain terlambat. Jadi, cukup stimulasi dengan mengajari berjalan tanpa harus memaksa dan melakukan hal aneh yang tidak masuk akal.

17. Mitos paras bayi. Mitos ini dibagi menjadi 3 hal

• Bayi yang sangat mirip dengan salah satu orang tuanya harus di gadaikan ke orang lain walau tetap dalam pengasuhan orang tua kandung.

Mereka menganggap kemiripan pada salah satu orang tua akan berakibat kelak anak akan melawan pada orang tua yang bersangkutan.

Padahal kenyataannya sifat anak yang suka melawan lebih dikarenakan cara pola asuh, pendidikan serta faktor lingkungan anak baik dirumah maupun diluar rumah.

Gak masuk akal banget, terlalu mirip dianggap masalah. Ntar kalau nggak mirip malah dikira anak dari hasil yang tidak tidak.

Seharusnya bersyukur, karena kebanggaan tersendiri bagi orang tua jika anaknya sangat mirip dengannya.

• Melihat seseorang yang cantik/tampan  bisa membuat bayi terlahir lebih cantik/tampan.


• Hindari mencerca/membenci seseorang karena saat lahir bayi bisa berparas seperti org yang dibenci.

Kenyataannya, bentuk wajah bayi merupakan hasil dari perpaduan gen ayah ibu nya, tidak ada kaitannya dengan melihat dan membenci seseorang.

Kesimpulannya, bagaimanapun wajah bayi saat lahir merupakan hasil genetik turunan dari orang tuanya, dan mengenai kemiripan adalah hal yang lumrah yang tidak perlu dicemaskan.

18. Bayi yang sering menangis seringkali dikaitkan dengan lapar

Kenyataannya bayi menangis tidak selalu dipengaruhi oleh faktor tersebut walau kadang kala ada juga.

Adapun faktor lain penyebab bayi menangis adalah:

- reflex bayi baru lahir

- bayi lapar

- bayi masuk angin

- jari bayi terlilit rambut dan benang

- bayi sedang sakit seperti demam, atau memiliki masalah pencernaan atau gejala penyakit lainnya.

19.Penglihatan bayi yang kemana mana selalu dikaitkan dengan melihat jin atau diganggu jin.

Faktanya bayi melihat kemana mana karena penglihatannya belum bisa berfungsi maksimal.

Terkait gangguan jin, sebagian ada benarnya, mengingat setiap anak cucu adam pasti tidak lepas dari gangguan jin baik bayi maupun dewasa.

Namun, tuntunan islam telah menjelaskan cara untuk menangkalnya yaitu dengan meruqyah anak dengan ayat alquran seperti surat annas, al falaq dan al ikhlas yang artinya pun meminta perlindungan kepada allah dari gangguan jin.

20. Minum es saat hamil bisa membuat janin besar 

Ada sedikit kesalahan yang perlu diluruskan. Pada dasarnya, saat trimester ketiga, kebanyakan nutrisi yang diasup oleh ibu akan lebih banyak mengalir untuk janin, maka dari itu ibu hamil harus cermat dalam memilih makanan dengan nutrisi yang cukup.

Mengenai minum es, memang tidak ada kaitannya dengan bayi lahir berat dan besar tetapi yang berpengaruh adalah nutrisi dan gizi yang terkandung di dalam es tersebut.

Es yang saya maksud disini adalah seperti es krim yang dijual di pasaran bukan es yang berasal dari air putih saja.

21. Memencet dada bayi agar saat dewasa, maaf,supaya bagian putng nya tidak kedalam

Masih adanya mitos memencet dada bayi ini , sungguh sangat beresiko, bahkan saya pun menolak tegas anjuran ini saat saya selesai lahiran. Memencet dada bayi, bisa menyebabkan pendarahan pada lapisan bawah kulit bayi, yang memungkinkan terjadinya infeksi yang dapat berujung fatal seperti pembuangan jaringan terinfeksi di dada. Tidak mau kan bayi anda jadi cacat?

Nah, bunda itu lah 21 mitos ibu hamil, semoga dari uraian diatas kita bisa lebih dewasa dalam berfikir dengan menimbang baik buruknya terutama bagi kesehatan.



0 Response to "Mitos Ibu Hamil beserta fakta"