بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

13 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dan bau badan tak sedap yang Menyengat dengan cepat, Secara Alami dan Permanen

Hai sobat uniquee, sejatinya tubuh dengan tanpa bau badan dan bau keringat akan membuat seseorang tampil lebih percaya diri. Namun, berbeda halnya jika sudah terserang bau ketiak dan bau badan tak sedap, apalagi bau tersebut sudah sangat menyengat. Semua rasa percaya diri buyar akibat malu karena was-was bau menyengat tersebut sampai tercium oleh orang lain.

Contohnya saja, anda akan mengapit ketiak atau justru menjauhi orang yang berada disekeliling anda, baik itu di sekolahan, di kampus maupun dilingkungan tempat bekerja agar bau ketiak dan bau badan yang menyengat tersebut tidak sampai terendus.

Jika terus dibiarkan, bau badan dan bau ketiak ini akan semakin parah. Oleh sebab itu, secepat mungkin anda harus menghilangkannya dengan berbagai cara, tentu yang diutamakan adalah cara yang aman dan alami.

Untuk membantu anda, dibawah ini akan diulas secara rinci tentang bagaimanan tips dan cara menghilangkan bau ketiak dan bau badan tak sedap yang menyengat secara cepat, alami dan berefek permanen. Namun sebelumnya, alangkah baiknya jika sobat membaca dan memahami tentang apa itu keringat dan  penyebab timbulnya bau ketiak dan bau badan terlebih dahulu.

Gambar ini merupakan ilustrasi seorang murid wanita yang sembunyi karena malu
Gambar : pexels

  • Apa itu Keringat ?
Keringat adalah cairan yang dikeluarkan oleh kelenjar  di kulit, dimana kelenjar ini terbagi menjadi 2 jenis yang berbeda tentunya.

1. Kelenjar Ekrin

Kelenjar ekrin berada hampir diseluruh tubuh kita dimana keringat yang dihasilkan merupakan campuran air dan garam.

Keringat yang dihasilkan ekrin muncul saat suhu tubuh mengalami peningkatan. Kemunculan keringat sendiri berfungsi melembabkan atau membasahi permukaan kulit untuk mencegah suhu tubuh menjadi lebih panas lagi dan berdampak buruk pada kesehatan.

2.Kelenjar apokrin

Kelenjar apokrin berada didaerah berambut seperti yang terdapat pada ketiak dan daerah kemaluan dan sekitarnya. Dari segi bentuk zat, cairan keringat yang dikeluarkan kelenjar apokrin lebih menyerupai susu makanya kadangkala ada yang risih karena ketiaknya terasa lengket.

Nah jika sudah paham apa itu keringat , sekarang kita lanjut ke bahasan penyebab timbulnya bau ketiak dan bau badan.



  • Penyebab bau ketiak dan bau badan (bromhidrosis)
Hai sobat uniquee, saat bau ketiak dan bau badan menyerang dan membatasi gerak dan aktifitas anda, umumnya anda menyangka penyebabnya adalah keringat yang berlebihan karena anda berlari, bekerja keras dan kepanasan. Namun, ternyata penyebab utama bau ketiak dan bau badan yang menyengat ini bukanlah keringat, tetapi BAKTERI. Walaupun kehadiran bau ketiak dan bau badan ini memang berbarengan munculnya dengan keringat.

Saat keringat muncul, bakteri yang berada dibadan dan ketiak mengubah nya  menjadi asam lewat pemecahan protein keratin yang dikeluarkan si bakteri.

Lantas bagaimana caranya agar dapat menghilangkan Bau Ketiak dan bau badan ini secara permanen dan alami?

Jika sobat lagi mengalami hal seperti ini, ada baiknya mencoba hal berikut ini :


  • Cara Menghilangkan bau keringat dan bau badan tak sedap yang menyengat secara alami dan berefek permanen :
1. Mandi yang teratur. Mandilah minimal 2 kali sehari.


Mandi memang upaya penting dalam menjaga agar badan tetap sehat segar serta mengurangi bau badan yang menyerang.

Adapun waktu mandi yang tepat adalah

- Pagi hari

- Selesai melakukan aktifitas yang bikit keringetan, seperti olah raga

- Saat badan terasa lengket dan mulai berkeringat walau tidak melakukan olah raga

- sore hari

2. Memakai sabun mandi ANTI BAKTERI.

Seringkali pemilihan sabun yang kurang tepat membuat bau badan semakin merajalela. Bagaimana tidak, kebanyakan dari kita memilih sabun mandi lebih karena aroma nya yang harum dan menyenangkan, bahkan ada juga yang memilih sabun karena manfaatnya yang dapat mencerahkan atau memutihkan badan.

Namun anda lupa kalau aroma sabun yang harum hanya bertahan sementara dan kecerahan kulit yang anda terima tidak seberapa, yang ada Bau Badan anda yang menyeruak tajam.

Bagaimana pun cerah kulit anda, tetap saja orang akan menutup hidung karena bau badan anda.

Maka dari itu pilihlah sabun yang benar-benar bermanfaat untuk kesehatan tubuh anda seperti Sabun anti-bakteri. Hal ini sangat dianjurkan sekali untuk membasmi bakteri yang bersarang dan berkembang biak dibadan dan ketiak. 

3. Hindari konsumsi berlebihan terhadap makanan yang memicu Bau Badan dan Bau Ketiak.

Selain menimbulkaan cita rasa yang lezat pada makanan, bawang bombay dan bawang putih ternyata juga menimbulkan efek samping berupa bau menyengat pada badan orang yang mengkonsumsinya.

Sedangkan paprika dan makanan pedas lainnya seperti cabe dan rawit dapat memicu timbulnya keringat berlebih yang berdampak pada tingginya resiko bau badan.

4. Hindari minuman berkafein dan beralkohol


5. Gunakanlah pakaian yang tidak membuat tubuh gerah.


Jangan lah mengenakan pakaian yang hanya bertujuan memberi kesan cantik dan tampan saja, tapi pilih lah pakaian yang bagus baik untuk tampilan serta bagus untuk kesehatan badan.

Pakailah pakaian yang tidak membuat tubuh anda gerah, dapat menyerap keringat serta pakaian yang dapat membuat sirkulasi udara keluar dan masuk dengan baik ke tubuh anda.

pakaian berbahan katun bisa dibilang cocok karena juga mampu menyerap keringat.



6. Selesai mandi, keringkan badan dengan baik dan benar

Terlebih pada bagian tubuh yang rawan keringetan. Karena jika bagian tersebut kering tentunya bakteri susah berkembang.

7. Gunakan deo

Walau tidak sepenuhnya efektif, paling tidak dapat meminimalisir bau yang dikeluarkan.

8. Cukurlah bulu ketiak secara berkala agar tidak menjadi sarang bakteri, parasit dan kuman lainnya.

9. Hindari stress yang memperberat beban fikiran


Stress nyatanya memicu aktifnya kelenjar apokrin penyebab bau badan.

Maka dari itu berusahalah untuk tetap tenang dalam segala kondisi.

10. Minumlah probiotik yang meningkatkan bakteri baik di dalam usus


Ada kalanya bau badan yang muncul disebabkan oleh masalah pencernaan yang anda miliki. Maka dari itu meminum minuman yang mengandung probiotik merupakan langkah yang baik untuk menghilangkan pencetus bau badan


11. Detoksifikasi toksin


Jika meminum probiotik saja belum cukup anda dapat mencoba meminum suplemen yang dapat mendetoks atau mengeluarkan toksin baik yang berada dipencernaan maupun di daerah lainnya.

Karena bisa saja bau tersebut muncul akibat toksin atau racun yang sudah terendap didalam tubuh anda selama bertahun tahun, entah itu dari makanan yang anda makan selama ini atau radikal bebas yang berasal dari luar.

12. Minumlah air putih yang cukup

Air putih dapat membantu anda untuk melakukan detoks alami pada racun didalam tubuh anda termasuk racun penyebab bau badan.

Maka dari itu jangan pernah abaikan manfaat air putih bagi kesehatan anda.


13. Oleskan perasan jeruk lemon atau jeruk nipis.

Kandungan di dalam jeruk nipis dan lemon dikenal karena anti bakteri dan jamur nya yang kuat. Ini adalah cara paling ampuh untuk menghilangkan bau badan dan bau ketiak terutamanya.


Cara menggunakannya : Teteskan perasan jeruk ke kapas bersih atau washlap bersih dan lapkan pada permukaan yang rentan terserang bau seperti ketiak. Atau anda cukup mengambil satu irisan jeruk nipis dan digosokkan ke ketiak yang bau. Insyaallah ini adalah cara paling manjur yang bisa anda coba. Anda cukup mengoleskannya 2 kali sehari tanpa dibilas.

walaupun ketiak anda berkeringat, namun setelah memakai jeruk nipis, tidak akan ada lagi bau menyengat seperti biasanya. Selain bermanfaat menghilangkan bau ketiak, olesan jeruk nipis pada ketiak dipercaya juga mampu mencerahkan kulit ketiak yang menghitam.

anda juga dapat sesekali meminum perasan jeruk nipis yang dicampur dengat air hangat dan sedikit gula untuk menjaga kesehatan tubuh dari dalam. Namun pertimbangkanlah jika anda mengidap maag.






0 Response to "13 Cara Menghilangkan Bau Ketiak dan bau badan tak sedap yang Menyengat dengan cepat, Secara Alami dan Permanen"