بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

12 Gelaja Kanker Serviks dan penyebabnya( juga bisa menyerang wanita yang belum menikah )

Apakah anda sudah menikah atau sudah pernah berhubungan seksual. Anda berkemungkinan memiliki resiko terkena Kanker Serviks. Cari tahu alasannya disini.

Pemikiran Masyarakat tentang Kanker Serviks

Gejala awal yang jarang disadari dan kurangnya pengetahuan tentang apa itu Kanker Serviks membuat sebagian masyarakat tidak mengetahui kalau ada diantara mereka yang sudah terjangkit kanker serviks walaupun itu masih stadium dini. Namun jika tetap dibiarkan bukan tak mungkin stadium dan resiko yang dialami akan semakin tinggi dan berdampak sangat buruk bagi kesehatan, bahkan hingga dapat merenggut  nyawa.

Sebenarnya sudah banyak upaya yang dilakukan pemerintah untuk meminimalisir kemungkinan kanker initerjadi salah satu nya adalah giatnya penggalakan test papsmear untuk mendeteksi jika ada sel-sel abnormal yang berkemungkinan menjadi sel kanker sedari dini. Salah satu nya dilakukan di Poliklinik Desa, bahkan pelayanan ini diberikan tanpa mengeluarkan biaya alias Cuma-cuma.

Namun, selain tanpa gejala dan kurang nya pengetahuan ada hal lain yang dirasa mengganggu oleh para wanita yang sudah berumah tangga untuk melakukannya. Dikarenakan tes ini mengharuskan para wanita untuk bersedia memperlihatkan ms.V  untuk diperiksa.

Menurut pendapat beberapa masyarakat, bagi mereka tes semacam ini menimbulkan rasa malu walaupun tenaga medis yang melakukannya adalah perempuan. Berbeda halnya disaat melahirkan berhubung rasa sakit tak tertahankan mungkin rasa malu bisa dikeseampingkan.

Jika saja para ibu ibu lebih mendalami informasi tentang bahaya kanker ini dan mempunyai sedikit keberanian untuk melaksanakan tesnya, tentu nya akan lebih baik.

Berikut adalah pertanyaan yang Umumnya ingin ditanyakan oleh Para Wanita tentang KANKER SERVIKS.
Gambar ini merupakan gambar seorang wanita yang menutupi sebagian wajahnya dengan kain
Gambar : pexels

  • Sebenarnya Apa itu KANKER SERVIKS, dan siapa saja yang beresiko ?

Kanker serviks (servical cancer) atau kanker mulut rahim atau ada juga yang menyebutnya kanker leher rahim adalah kanker yang tumbuh dan menyerang leher rahim. Dimana leher rahim sendiri adalah sebuah jalan menuju rahim terletak antara ms. V dan Rahim yang berukuran sempit.

Kanker serviks menyerang wanita yang sudah menikah, wanita menopause, wanita yang sudah pernah melakukan hubungan seksual dan beberapa kasus juga terjadi pada remaja.

Menurut Badan Kesehatan dunia seperti WHO, mengatakan bahwa pada tahun 2014 di Indonesia terdapat lebih dari 92.000 kasus kematian pada wanita yang diakibatkan oleh serangan kanker. 10.3 %  disebabkan oleh Kanker Serviks.

Kenapa bisa sebanyak itu?

Keterlambatan dalam mengetahui serangan kanker ini menjadi faktor yang hampir dominan dalam menyebabkan kasus ini. Biasa nya para penderita mulai melakukan pengobatan setelah sel kanker sudah menjalar agak luas dan stadium sudah mulai meninggi sehingga menyebabkan proses pengobatan menjadi lebih sulit.


  • Seperti Apa Gejala KANKER SERVIKS ?
Pada stadium awal kanker ini tidak menimbulkan gejala signifikan yang jelas terlihat kecuali ada satu hal yang umum terjadi yaitu pendarahan yang keluar dari vagina diluar masa menstruasi, setelah berhubungan dan pada masa menopause.

Namun ada  sejumlah acuan lain mengenai gejala kanker ini yang dapat kita perhatikan dan diwaspadai sebagai arahan untuk menyimpulkan apakah perlu diperiksakan lebih lanjut atau tidak, seperti :

1. Rasa nyeri yang tidak biasa saat melakukan hubungan badan

Sel sel di mulut rahim yang telah berubah dari sel normal menjadi sel abnormal dan dari sel abnormal menjadi sel kanker menimbulkan peradangan pada bagian yang terdiagnosa. Hal ini menyebabkan rasa nyeri saat berhubungan yang pastinya menimbukan suatu gesekan.

2. Timbulnya flek atau pendarahan baik sedikit atau banyak setelah atau selama melakukan hubungan badan.

Gesekan pada bagian yang terkena kanker biasa nya sangat sensitive hingga mudah terluka dan menimbulkan pendarahan baik itu sedikit atau pun banyak. Termasuk jika pendarahan tersebut hanya berupa flek.

3. Pendarahan yang tidak biasa pada saat menstruasi. 

Tentunya sebagai wanita kita mampu mengukur kadar darah yang keluar selama proses menstruasi. Berapa kirakira jumlahnya, berapa hari siklus derasnya dan berapa hari siklus sedikitnya darah menstruasi. Jika lebih dari biasa nya, dan masih berupa darah yang agak segar sebaiknya anda perlu waspada

4. Pendarahan yang melebihi batas masa menstruasi

Setiap wanita memiliki periode lama menstruasi yang berbeda beda, ada yang Cuma 3 hari sudah selesai ada yang seminggu atau 2 minggu paling lama. Anda bisa menghitung sendiri masa menstruasi anda. Jika anda hanya mengalami menstruasi biasanya hanya lima hari dan sekarang berlangsung 10 hari, tidak ada salahnya bagi anda untuk memeriksakan diri.

5. Nyeri panggul atau pinggang.

Sel kanker yang merusak sel sehat memicu peradangan disekitar daerah servix dan menjalar kebagian tubuh lainnya  yang terdekat salah satu nya adalah bagian pinggang dan panggul.

6.  Nyeri punggung

Bahkan kanker ini juga menjalar hingga ke punggung

7. Keputihan yang tidak normal disertai flek

Keputihan memang hal yang wajar dialami setiap wanita. Selama keputihan tersebut tidak berbau dan berwarna, keputihan ini juga membantu untuk melumasi organ intim dari gesekan saat berjalan. Namun jika anda mendapati keputihan anda tidak lah normal layak biasa nya, baik warna maupun aroma nya terlebih lagi jika disertai flek diluar masa menstruasi, baiknya anda konsultasikan dengan dokter ahli.

Karena walaupun flek yang muncul masih sedikit bisa saja itu adalah pertanda kanker dini, flek yang keluar sedikit dan sudah agak kecoklatan mungkin saja dikarena kan proses turun nya dari tempat terinfeksi yang membutuhkan waktu yang agak lama.

8. Lelah yang berlebihan

Sel sel kanker yang menggerogoti jaringan menghisap sebagian tenaga yang tersisa di badan sehingga membuat tubuh menjadi letih lemah lesu dan kurang bertenaga menjalani keseharian.

9. Nafsu makan makin berkurang

Akibat imbas dari tubuh yang mulai letih dan mudah lelah membuat nafsu makan menurun.

10. Berat badan turun drastis walau tidak melaksanakan program diet atau tanpa sebab yang jelas.

Hal yang tentu terlihat jelas saat kanker ini telah menyerang tentunya penurunan berat badan yang drastic, bukan Cuma karena factor makan yang kurang tapi juga karena kekuatan dan sumber energy tubuh telah diserap terus menerus oleh sel kanker.

11. Darah dalam urin anda

Infeksi dan peradangan pada serviks yang letaknya tidak jauh dari saluran kemih tentu saja menjalar hingga ke saluran kemih itu sendiri berhubung batas antara rongga kemaluan, terlebih serviks berjarak sangat dekat dan begitu tipis. Maka dari itu infeksi dan luka bisa saja menyerang dinding antara keduanya hingga darah yang berasal dari serviks atau pembatas keduanya mengalir turun melewati saluran pembuangan air seni

12. Pendarahan pasca menopause

Tidak hanya wanita dalam masa prosuktif yang bisa terjangkiti oleh kanker serviks, bahkan wanita menopause pun tak luput dari serangannya . jika anda telah menopause yang arti nya tidak akan pernah lagi mengalami masa menstruasi dikarenakan tidak ada lagi sel telur yang dibentuk didalam tubuh anda  serta tiba tiba anda mengalami pendarahan seperti menstruasi kembali, alangkah baiknya bagi anda untuk memeriksakan diri guna meneliti lebih lanjut kemungkinan terserang kanker serviks atau bukan.



  • Apa Faktor Penyebab Kanker Serviks


Hampir kebanyakan kasus Kanker Serviks disebabkan oleh Virus HPV atau Human Papiloma Virus. Namun bisa juga dikarenakan oleh hal lain seperti infeksi yang merubah sel normal menjadi abnormal atau terserang karena sering mengasup makanan dan minuman yang dapat memicu sel kanker untuk tumbuh dan berkembang seperti makanan siap saji dan soft drink.

Awal terjadinya kanker serviks ketika sel-sel sehat dalam rahim mengalami mutasi genetik yang sejatinya mengubah sel normal menjadi abnormal, dimana sel abnormal ini berkembang dengan cepat dan tidak terkendali. Sangat berbeda halnya dengan sel normal yang berkembang dengan kecepatan tertentu.

Sel sel abnormal ini akan merubah diri menjadi sel kanker yang kemudian menyerang bagian sekitarnya.


  • Pengobatan Kanker Serviks


Pengobatan untuk penyembuhan dari kanker serviks sendiri tergantung dari beberapa faktor yang musti dipertimbangkan mengingat metode yang dilakukan pun tidak semua nya sama. seperti, dilihat dari stadium kankernya, jenis kanker, usia penderita, apakah penderita masih ingin memiliki anak atau tidak.

Namun tidak usah khawatir, dokter spesialis akan membantu anda dalam mencari tipe pengobatan yang tepat sesuai kondisi anda.

untuk jenis pengobatan sendiri dapat di uraikan dalam beberapa jenis, seperti.

1. Pengobatan dengan laser untuk membakar sel sel kanker

2. Biopsi Kerucut yaitu dengan pengangkatan jaringan abnormal melalui prosedur operasi.

3. Kemotheraphy

4. Operasi Radical Trachelectomy

Operasi ini biasanya baik untuk penderita kanker serviks stadium awal dan bagi penderita yang masih berkeinginan memiliki anak karena pada prosedur operasi ini tidak dilakukan pengangkatan rahim, tetapi hanyabertujuan mengangkat leher rahim, jaringan sekitar tanpa pengangkatan rahim sendiri.

5. Operasi Histerektomi

Sedangkan prosedur operasi pada Histerektomi  lebih ditekankan pada pengangkatan rahim.


Jika terdeteksi menderita Kanker seviks, apa yang harus saya lakukan ?

Konsultasikan dengan dokter anda langkah apa yang sebaiknya anda gunakan, dokter akan menyarankan anda pilihan terbaik, apakah pengobatan itu akan dilakasanakan melalui obat obatan , kemo therapy atau melalui operasi pembuangan jaringan yang terinfeksi sel kanker.

Jika Kanker masih pada stadium awal, mungkinkah untuk sembuh?

Kemungkinan sembuh tentu ada dengan syarat, ikutilah arahan dokter ahli untuk penanganan yang tepat. Berfikirlah positif, karena jika fikiran anda negative justru akan memperburuk keadaan baik jasmani maupun psikologis anda. Langkah ketiga jangan lupa berdoa. Semoga karunia illahi memberikan anda kesembuhan yang anda inginkan. Dan terakhir jagalah pola hidup sehat.

Sumber referensi : alodokter.com