بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Cara Menanam/Budidaya Strawberry-Stroberi di Pot dan polybag yang benar agar cepat berbuah dan lebat

Sahabat Uniquee, Menanam stroberi/strawberry sangatlah menyenangkan. Khususnya bagi yang ingin menikmati buah stroberi hasil tanam sendiri. Tentunya ini dikarenakan Stawberry adalah salah satu buah yang banyak digemari, berwarna merah dengan rasa manis keasam-asaman. Harga buah strawberry tergolong mahal, biasanya strawberry ukuran kecil yang hanya berjumlah 5-6 buah dihargai Rp.5000. Bagi yang doyan buah ini, jumlah segitu tentu tidak memuaskan untuk dimakan sehingga anda butuh buah strawberry yang lebih.

Nah, daripada mengeluarkan uang lebih banyak lagi, alangkah baiknya jika anda menanam/membudidayakan stoberi saja di dalam pot dan polybag. Apalagi jika anda memiliki sedikit halaman atau teras yang kurang dimanfaatkan. Akan lebih baik dipakai untuk menanam stroberi/strawberry. Selain memperindah teras dan halaman rumah, anda dapat menikmati hasil yang melimpah dikemudian hari.

Jika anda belum tahu tips dan cara menanam stroberi-strawberry yang benar agar subur dan berbuah lebat, berikut saya akan memberikan uraian langkah membudidayakan strawberry nya.


Gambar ini merupakan gambar pohonstrawberry dengan buah yang besar
Gambar : pixabay

Cara menanam/budidaya strawberry di pot dan polybag dengan benar agar cepat berbuah

1. siapkan media pot atau polybag ukuran sedang yang sudah diisi dengan tanah, baik nya yang humus ya

2. Basahi tanah dalam pot dengan air hingga lembab, jangan terlalu becek.

3. Tanam anakan strawberry didalam pot/polybag

4. Lakukan penyiraman 2 kali sehari dengan air secukupnya

4. selama kurang lebih 5-7 hari dari awal tanam, simpan strawberry ditempat sejuk yang tidak terkena sengatan matahari, entah itu didapur, di belakang rumah yang tidak terkena cahaya matahari.

Tujuannya supaya tanaman tidak stress, merangsang pertumbuhan akar baru, mencegah tanaman dehidrasi karena kekeringan. Ingat, jangan di beri pupuk dahulu.

6. setelah satu minggu, silahkan diletakkan di halaman rumah yang terkena cahaya matahari

7. Untuk pemupukan dapat dilakukan 14 hari setelah tanam dengan cara sistem kocor atau pupuk dikubur di sekitar tanaman strawberry.

8. Agar tanaman strawberry cepat berbuah jangan lupa potong anakan yang tumbuh karena anakan ini nantinya akan menghisap nutrisi yang didapatkan akar dan menjadi tanaman strawberry baru dan begitu seterusnya. Alhasil nutrisi untuk pembentukan buah jadi kurang didapatkan sehingga akan semakin lama berbuah.

Oya anakan strawberry jangan dibuang, masih bisa dimanfaatkan untuk menanam baru.


Gampang bukan, selamat mencoba dan semoga berhasil ya. janagan lupa baca artikel lainnya.