بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Perbedaan vitamin larut lemak (fat-soluble) dan larut air ( water soluble)

Apakah anda salah satu dari pencinta suplemen vitamin dan pernah membaca keterangan fat-soluble dan water-soluble. Ada baiknya jika anda membaca uraian berikut ini

dalam istilah medis vitamin dibedakan dalam dua kategori yaitu :

1.larut dalam lemak

Maksudnya adalah beberapa vitamin tertentu hanya dapat melarutkan diri, lantas kemudian di alirkan keseluruh tubuh sesuai fungsinya hanya dengan bantuan lemak. Intinya vitamin jenis ini bisa menjadi bermanfaat bagi tubuh dengan melarutkan diri terlebih dahulu dalam lemak tubuh dimana proses itu terjadi di dalam usus.


Vitamin larut lemak jika tidak digunakan seluruhnya akan disimpan dalam tubuh dalam jangka waktu tertentu, untuk kemudian dapat dimanfaatkan lagi bagi tubuh saat diperlukan. berbeda hal nya dengan vitamin larut air yang langsung diserap tubuh.

Contoh vitamin larut lemak : A, D, E dan K

2. larut dalam air

Maksudnya, vitamin jenis ini bisa menguraikan diri  atau melarutkan diri agar nutrisi nya bisa tersalur keseluruh tubuh hanya dengan bantuan air yang berada dalam tubuh. vitamin jenis ini lebih cepat diserap  jika bandingkan dengan vitamin larut lemak.

Vitamin larut air tidak bisa disimpan seperti hal nya vitamin larut lemak karena biasanya setelah masuk kedalam tubuh dan larut dalam cairan tubuh, vitamin ini akan langsung dimanfaatkan. maka dari itu vitamin larut air dibutuhkan setiap hari dan dibutuhkan rutin bagi tubuh.

contoh vitamin larut air : Vit. C, Vit. b kompleks( B1, B2, B3,B5,B6,B9(asam folat),B12, Biotin

0 Response to "Perbedaan vitamin larut lemak (fat-soluble) dan larut air ( water soluble)"