بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Kontraksi Ibu Hamil

Jika sebelum nya kita telah membahas tentang nyerperut pada sakit perut hamil muda yang notabene nya lumrah dirasakan ibu hamil muda, nah sekarang saat nya bagi para calon ibu untuk mengetahui nyeri lain bernama "KONTRAKSI".

Baca juga :Sakit Perut Hamil Muda

Kontraksi sebenarnya dikategorikan dalam 2 jenis, yaitu Kontraksi Palsu ( False Labor) dan Kontraksi Melahirkan.

Namun, Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang yang nama nya Kontraksi False Labor/Kontraksi Palsu atau dalam istilah medis juga sering menyebutnya dengan "Braxton Hicks".
Gambar ini merupakan gambar wanita hamil
Gambar : pixabay
Pengertian Kontraksi Palsu

"Kontraksi Palsu adalah rasa sakit/nyeri pada perut bagian bawah dengan rasa yang hampir sama saat nyeri buang air besar, namun lebih kuat. Berlangsung sementara namun berulang."

Braxton hicks sendiri umumnya sudah terjadi pada kehamilan 16 minggu bahkan sebenarnya terjadi lebih awal dari masa itu, namun jarang ibu hamil yang merasakannya, setidaknya hanya merasakan perutnya agak kencang.

Kontraksi ini cenderung lebih dirasakan pada akhir tahap kehamilan mendekati proses kelahiran.

Baca juga : Kontraksi Melahirkan

Adapun ciri-cirinya adalah :

1. Kontaksi ini dapat anda rasakan langsung  dengan memperhatikan bagian perut anda yang akan terasa kencang bila diraba. Hal ini dikarenakan oleh mengencangnya otot-otot rahim. Kontraksi ini tidak menimbulkan nyeri yang berlebihan layak nya kontraksi saat akan melahirkan.

2. Berlangsung singkat  dan tidak teratur umumnya kurang dari 60 detik.

3. Nyeri tidak mengalami peningkatan yang berarti

4.  Menimbulkan risih bagi ibu hamil

5. Tanpa keluarnya flek atau cairan

Meski kontraksi ini aman dan bukan lah suatu masalah, tetap saja kadangkala ibu hamil merasa risih dengan kehadirannya.

Cara dalam menyikapinya.

1. Jika anda sedang melakukan suatu aktifitas, berhentilah dan beristirahatlah sejenak

2. Minum lah air putih yang cukup.

3. Jika anda sedang beristirahat ubah lah posisi istirahat anda.

4. Lakukan senam pernafasan guna meminimalisir rasa tidak nyaman anda.

Sekian sekelumit pengetahuan tentang Kontraksi Palsu, diharapkan dengan mengetahui Kontraksi ini lebih awal dapat membuat anda dan keluarga lebih siaga dalam menyikapi dan mencari solusi serta siaga dalam menanti proses kelahiran yang sudah mendekat. Sehingga anda dapat lebih awal dalam menyiapkan perlengkapan kelahiran dan dapat dengan lebih sering berkonsultasi dengan bidan dan dokter anda demi mendapatkan penanganan kedepannya.

0 Response to "Kontraksi Ibu Hamil"