بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Sakit Perut Hamil Muda

Mungkin bagi anda yang baru merasakan kehamilan pertama, banyak hal yang dirasa tidak , biasa dibanding hari hari sebelumnya. Bahkan, hal kecil saja bisa menjadi suatu kecemasan yang besar. Salah satunya sakit perut hamil muda. Sakit perut ini terjadi di awal masa kehamilan.

Bagi anda yang sekarang juga mengalaminya, tentu akan dibuat was was dan cemas, apakah ini berbahaya dan seberapa bahaya kah sakit ini, atau mengganggukah pada kesehatan janin saya?

Untuk menjawab rasa gundah dan gelisah anda, silahkan baca sekilas kisah dan fakta berikut ini.


Pernah suatu ketika seorang teman saya mengeluhkan sakit pada perutnya dalam kondisi hamil muda, dan dikasi saran sama orang dekat untuk melakukan pijat kehamilan.

MIRIS sungguh Miris, bayangkan pada usia kandungan yang masih dini dan jabang bayi yang masih rentan keguguran harus dipijat oleh seseorang yang bukan lah dokter yang tidak tahu bagaimana persisnya keadaan bayi didalam rahim.

Gambar ini merupakan ilustrasi wanita yang sedang duduk berselimut di atas kasur
Gambar : pixabay
Rasa cemas melanda fikiran saya mengingat bagaimana kira nya keadaan bayi tersebut didalam. Semoga allah selalu memberinya kesehatan dan tiada kurang sesuatu pun.

Itulah sekelumit cerita nyata tentang betapa ilmu sungguh sangat diperlukan bagi seorang manusia, termasuk calon ibu yang menantikan kehadiran si buah hati.

FAKTANYA

Nyeri pada perut saat hamil terutama hamil muda merupakan hal biasa yang dialami tiap ibu hamil dikarenakan rahim yang tadi nya kecil menjadi semakin besar dan meregang sehingga menimbulkan rasa nyeri.

Nyeri yang dirasakan biasanya tidak terlalu parah seperti kram menstruasi namun lebih ringan dari itu, dan selama tidak ada flek atau cairan yang keluar biasa nya itu bukan lah masalah.

Tetapi sebagai calon ibu khususnya yang baru pertama kali mengalami kehamilan, hal ini tentu menjadi perhatian serius.

Baca juga : Kontraksi Ibu Hamil

Selain dikarenakan oleh pelebaran rahim, terdapat juga beberapa penyebab hingga kram perut muncul pada kehamilan dini seperti yang saya uraikan berikut ini :

1.Kehamilan EKTOPIK

Apa itu kehamilan Ektopik???


Kehamilan Ektopik adalah kehamilan yang terjadi luar rahim  di Tuba falopi khususnya.

2. Tekanan

Kondisi kehamilan secara langsung memicu beberapa tekanan pada beberapa bagian dalam tubuh seperti penekanan pada sendi, penekanan pada otot dan pembuluh darah.


Seperti halnya penekanan pada otot pelvis dan penekanan pada pembuluh darah anus. Untuk penekanan pada pembuluh darah anus,  pada sebagian ibu hamil penekanan jenis ini mengakibatkan terjadinya wasir atau ambeyen.

3. Kelebihan Gas Lambung

Peningkatan kadar salah satu hormon pada masa kehamilan seperti hormon progesteron, yang menyebabkan lambatnya proses pencernaan makanan hingga menyebabkan meningkatnya gas lambung yang berujung nyeri pada perut.


4. Aktivitas Hubungan Suami- Istri 

Orgasme pada wanita nyata nya membuat suatu denyutan pada vagina dan rahim dan menyebabkan nyeri perut  terasa setelah aktivitas tersebut selesai.


Jika rasa nyeri tersebut melebihi batas wajar disertai keluarnya cairan maupun darah atau anda mengalami kontraksi seolah ingin mengejan. Mungkin anda beresiko mengalami keguguran dan kelahiran prematur, segeralah kunjungi bidan atau rumah sakit terdekat demi penanganan lebih lanjut.

0 Response to "Sakit Perut Hamil Muda"