بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

16 kesalahan sepele wanita dalam merawat kulit wajah hingga menyebabkan masalah besar

Menjadi tampil cantik tentunya adalah dambaan dan harapan setiap orang khususnya wanita. Dengan kulit wajah yang sempurna seolah memberikan percaya diri yang lebih dimata orang yang diharapkan melihatnya.

Beragam upaya dilakukan demi mendapat kecantikan maksimal, mulai dari membeli kosmetik mahal dan meniru kosmetik yang dipakai orang lain yang kelihatannya juga bakalan ampuh jika di aplikasikan pada wajah sendiri.

Namun seringkali anda melakukan kesalahan sepele dalam merawat kulit wajah anda hingga malah menyebabkan masalah besar. Merawat kulit wajah diutamakan karena bagian inilah yang sering terpapar kosmetik dan make up. Selain itu wajah merupakan bagian kulit yang lebih tipis dan sensitif dibanding kukit pada bagian tubuh lainnya

Kira kira apa saja kesalahan dalam merawat kulit wajah? Baca selengkapnya melalui uraian dibawah ini :



(Kesalahan dalam Merawat Kulit Wajah)

1. Tidak cuci muka sebelum tidur

Saat terbangun di pagi hari, mandi dan bersiap diri untuk memulai hari baru, anda akan mengaplikasikan kosmetik demi merawat, menjaga, mempertahankan dan membuat wajah anda terlihat indah mempesona.

Kesalahannya, anda sering lupa untuk membersikan wajah setelah seharian memakai nya, walaupun ada yang membersihkannya, kebanyakan asal jadi. Anda hanya mencuci nya sebentar asal kelihatan sudah bersih.

Kelihatan bersih belum tentu bersih, adakalanya sebagian make up masih menempel pada pori-pori yang tidak dibersihkan dengan seksama. Alhasil, keadaan ini bisa menutupi pori pori, menimbulkan radang dan jerawat jika setiap hari seperti ini.

Oleh sebab itu disarankan bagi anda untuk tidak lupa membersihkan wajah sebersih-bersihnya setelah beraktifitas seharian dan sebelum tidur.

Wajah anda tentunya butuh waktu untuk beristirahat juga. Selain itu dia juga butuh bernafas.

2. Tidak memakai sunscreen saat terkena paparan sinar matahari

Anda mungkin tidak terlalu memperhatikan dan tidak terlalu waspada atas semua kegiatan dan pekerjaan yang anda lakukan diluar ruangan. Dari sisi lain, mungkin beraktifitas di luar ruangan dan ditempa terik matahari adalah hal biasa dan menyenangkan atau malah merupakan rutinitas pekerjaan anda.

Jika saja anda lebih cermat, pasti anda akan lebih sadar bahwa berada dibawah terik matahari siang hari sangat berbahaya bagi kesehatan kulit. Anda bisa terkena flek hitam, kulit terbakar dan bisa jadi memicu sel-sel abnormal untuk tumbuh dan berkembang di area kulit.

Oleh sebab itu, pertimbangkan lah untuk memakai baju dan celana panjang saat berada ditengah terik dan paparan sinar matahari. Gunakan juga topi untuk menutupi bagian wajah. Jika memang di butuhkan, anda dapat menggunakan sunscreen.

3. Terobsesi dengan yang instan

Setiap kesabaran kebanyakan tidak mengkianati hasil, dengan kesabaran banyak kebaikan yang mungkin didapatkan walau waktu yang dibutuhkan tergolong lama dan membuat anda lelah menunggu.

Sama hal nya dengan menggunakan kosmetik yang benar benar baik, bagus dan teruji tidak merusak kulit, dibutuhkan kesabaran ekstra untuk mendapatkan hasil yang diharapkan.

Namun sebagian orang mengatakan kesabaran ada batasnya sehingga saat mengaplikasikan kosmetik demi perawatan kecantikan, baru beberapa hari dan beberapa minggu langsung dihentikan dan mengganggapnya tidak berfungsi apa-apa. Ujung-ujungnya membeli kosmetik yang menawarkan kecantikan instant yang akan didapatkan cuma dalam hitungan hari dan beberapa minggu.

Anda tidak mempertimbangkan dampak buruk kedepan , apa akibat dan mudharat jika tetap diaplikasikan. Entah itu mengandung zat berbahaya dan merusak kulit, anda abaikan karena sudah terobsesi dengan kecantikan instant.

Suatu saat setelah anda merasakan akibat fatalnya, baru anda akan menyesal dan menyesal pun tidak ada gunanya jika memang hal itu sudah sangat terlambat.

Akan butuh proses dan memakan banyak biaya untuk mengembalikan wajah anda ke keadaan normal.

4. Salah dalam mendeteksi jenis kulit

Tanpa berkonsultasi dan hanya menerka nerka, anda menentukan bahwa inilah jenis kulit anda kering, berminyak dan sebagainya. hanya berpatokan perasaan, inilah kenyataan pada umumnya.

Dengan kenyataan ini tidak heran banyak yang salah membeli kosmetik untuk jenis kulitnya, ada yang membeli kosmetik untuk jenis kulit kering padahal kulitnya berjenis berminyak dsb.

Jika tidak paham betul cara mendeteksi jenis kulit anda, jangan segan untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapat penjelasan yang lebih akurat. Sebagai keuntungannya, anda dapat meminimalisir kesalaan dalam memilih jenis produk kosmetik yang cocok untuk kulit tersayang anda.

5. Menganggap produk yang digunakan orang lain pasti cocok untuk kulit sendiri

Kesalahan lain yang juga seringkali terjadi adalah saat anda bergaul dengan teman dan kerabat yang memiliki kulit yang bagus, anda akan menanyakan produk apa yang mereka pakai.

Setelah itu anda akan terpesona dan sangat ingin membelinya juga. Ujung ujungnya pasti anda beli dan mengaplikasikan nya ke wajah.

Dan saat hasilnya tidak memuaskan anda akan kesal sendiri dan berkata " kenapa tidak mempan di kulit saya". Bukan salah produknya tetapi kesalahan anda yang suka meniru-niru tanpa mempertimbangkan apakah jenis kulit anda sama dengan orang tersebut, apakah kosmetik itu sesuai dengan jenis kulit anda atau mungkin jadi produk tersebut cocok dengan kulit yang bersangkutan karena memang pada dasarnya kulit orang itu bagus.

6. Bergonta ganti produk kecantikan

Hampir sama dengan poin nomor tiga karena kurangnya kesabaran membuat anda berulangkali gonta-ganti kosmetik. ingat wajah anda pun butuh waktu untuk bisa menyesuaikan diri dengan produk yang anda pakai. Jangan sampai kosmetik baru mulai bereaksi malah anda menghentikannya dengan alasan tidak mempan.

7. Tidak memperhatikam izin edar produk

 Banyak produk perawatan kecantikan yang beredar dipasaran, mulai dari yang harga nya sangat mahal, sedang - sedang bakan yang murah. walaupun cocok dengan jenis kulit anda dan memiliki label Bpom Na belum tentu itu asli.

Tidak ada salahnya jika anda sesekali mencek keaslian produk lewat situs Bpom resmi demi kebaikan dan kesehatan anda juga.

8. Memiliki definisi salah mengenai arti cantik

Setiap manusia terlahir sempurna dengan kecantikan masing-masing, namun banyak sekali yang salah dalam mengartikan kecantikan. Sebagian mengartikan bahwa cantik itu harus putih, cantik itu harus begini dan begitu, menyebabkan anda memakai kosmetik yang sebetulnya tidak perlu anda gunakan.

Sebenarnya kulit cantik tidak dilihat dari warna nya namun dari kesehatan nya. Jadi ubah lah pola pikir anda.

9. Konsultasi ke dokter kulit padahal masalah kecil

Demi menunjang perawatan kecantikan yang sedang anda jalani sebenarnya tidak ada salah nya berkunjung dan berkonsultasi ke dokter. Namun, ini benar-benar di perlukan jika anda memiliki masalah yang cukup besar tidak untuk masalah kecil.

Rasanya anda tidak perlu kedokter jika hanya mengeluhkan 1 atau 2 jerawat pada masa pubertas yang bisa saja dipengaruhi hormon. Atau anda juga tidak perlu ke dokter untuk konsultasi ke dokter cara memutihkan wajah jika memang pada dasarnya warna kulit anda merata berwarna sawo matang. 

Apa salah nya dengan warna kulit seperti itu, bukan kah itu juga cantik dan manis, anya anda saja yang kadang menganggapnya masalah namun tidak bagi orang lain.

10. Mengabaikan kebersihan alat kecantikan

Fokus pada perawatan kecantikan dan kulit wajah dengan aneka ragam make up dan kosmetik terpercaya membuat anda lupa untuk membersihkan alat kecantikan anda berkala.

Contohnya spoon bedak, kuas alis dan wajah, benda tersebut bisa menjadi sarang bakteri yang dapat menimbulkan masalah kesehatan jika tidak dibersihkan berkala.

Maka dari itu, perhatikanlah kebersihannya.

11. Memencet jerawat
 Bisa di bilang hampir seluruh orang tidak menyukai adanya jerawat terutama disekitar wajah karena dianggap mengganggu penampilan dan mengurangi kecantikan, sehingga jemari anda gatal memencetnya.

apa yang anda dapat kan dari hal tersebut selain kesenangan sesaat. Ingat tangan anda merupakan sarang bakteri yang tidak kasat mata, dengan memencetnya menggunakan tangan bisa jadi menimbulkan peradangan dan memicu timbulnya jerawat baru.

oleh sebab itu, jika pun anda ingin membersihkannya gunakan lah kapas atau kasa steril untuk membersihkan nya dan jangan lupa mencuci tangan juga.

Jika jerawat nya masih muda, tidak ada gunanya juga meraba-raba dan memencet.

12. Menggosok wajah dengan scrub terlalu kasar

Kulit wajah memiliki lapisan yang lebih tipis dibanding kulit tubuh lainnya seperti tangan dan kaki, oleh sebab itu anda harus merawat nya dengan sangat baik dan berhati hati, terutama saat menggunakan scrub untuk membersihkan kotoran diwajah. Gosoklah perlahan, jangan terlalu kuat dan lama atau dalam keadaan butiran scrub kering yang akan membuat luka dan iritasi pada kulit wajah.

13. Kurang tidur

Kulit juga bagian tubuh yang butuh istirahat setelah beragam macam aktifitas sehari hari. terutamanya bagian wajah, jangan menyiksanya dengan terus bergadang sehingga memberikan sedikit waktu untuk nya beristirahat.

Ingat juga bahwa hormon HgH juga beraksi saat anda tidur dimalam hari dimana hormon ini bermanfaat pada proses regenerasi sel dan peremajaan kulit.

14. Jarang berolah raga

Kurangnya olah raga dan aktifitas juga menjadi faktor sepele yang dapat mempengaruhi kesehatan kulit, oleh karena itu jangan biarkan hari hari anda hanya duduk makan dan tidur saja ya.

15. Kurang konsumsi air putih

Guys, tubuh kita sebagian besar mengandung air termasuk kulit. Kulit membutuhkan kelembaban untuk mempertahankan keelastisannya agar tidak kering dan bersisik.

jadi jangan menganggap remeh air putih, karena tanpa minum air putih yang cukup, produk perawatan kecantikan yang anda pakai tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

16. Kurang asupan nutrisi buah dan sayur

Untuk hidup kita butuh makan dan minum, begitu juga kulit, membutuhkan asupan nutrisi agar terjaga kesehatan dan kecantikannya.

Tanpa asupan nutrisi seperti vitamin dan serat dari buah dan sayur bagaimana bisa anda mendapatkan kecantikan yang sempurna.

Semoga bermanfaat sobat, jangan lupa di share juga ya buat sobat lainnya.

1 Response to "16 kesalahan sepele wanita dalam merawat kulit wajah hingga menyebabkan masalah besar"

  1. Ternyata begitu rupanya, persoalan yang sering kita sepelekan menjadi masalah bagi kulit. Thanks informasinya mbak.

    ReplyDelete