بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Cara Membuat dan Memasak Sayur Sop Ceker Ayam Super Enak & Lezat, Bakal ketagihan!!

Resep Sop ceker - Hai sobat uniquee, yang hobi masakan berkuah seperti sop, tentunya sop sayur ceker ayam adalah salah satu menu andalan dalam melengkapi hidangan harian keluarga. Dengan paduan bumbu sayur sop, ceker ayam serta sayur mayur lainnya menjadikan rasanya super lezat enak dan lezat bahkan bisa membuat anda ketagihan untuk nambah lagi.

Mungkin anda pernah mencoba membuat sop ceker ayam sendiri, namun disini saya akan buka rahasia cara membuat dan memasak sayur sop ceker ayam yang berbeda dari yang biasanya, dengan bahan sedikit berbeda, namun rasa tiada duanya. 

Jika pada umumnya para chef rumahan membuat sop dengan menambahkan pekak, kulit manis dan gardamunggu sebagai rembah tambahan selain bawang merah, bawang putih, bawang daun dan daun seledri, Berbeda halnya dengan resep yang akan saya uraikan, karena disini saya tidak menggunakan gardamunggu, pekak dan kulit manis. Kenapa? Karena bumbu tersebut hanya memberikan aroma yang pekat dan mengurangi cita rasa daun seledri dan bawang lainnya dan satu lagi kekurangannya, LEBIH CEPAT BASI DAN TERASA ASAM, jadi kurang nikmat saat anda buat siang dan dikonsumsi malam hari atau keesokan paginya.

Lantas apa saja bumbu sayur sop ceker ayamnya agar enak dan lezat, saya hanya menggunakan bawang merah, bawang putih, daun sop( seledri), daun bawang (bawang prei), garam, penyedap rasa dan tomat sebagai andalan.

Kenapa saya menambahkan tomat, karena tomat nantinya akan menambahkan cita rasa baru, dan memberikan warna oranye kemerahan pada kuah sop ceker ayam. Bukankah tomat biasanya membuat makanan jadi cepat basi? Tidak selalu. Justru tanpa menggunakan pekak kulit manis dan garda munggu sayur sop ceker ayam akan tetap lezat dinikmati saat dibuat pagi dan dinikmati hingga malam hari bahkan besok pagi dengan cara dihangatkan.

Nah, untuk informasi cara membuat dan memasak sayur sop ceker ayam super enak dan lezat selengkapnya, silahkan baca resep dibawah ini :

Bahan utama

15 ceker ayam yang sudah dikuliti dan dibuang kukunya
1 buah kentang potong dadu
1 buah wortel potong dadu
8 butir telur puyuh yang sudah direbus dan dikuliti

Bumbu-bumbu

1. 2 batang bawang prei, iris
2. 3 lembar daun seledri
3. 2 Siung bawang putih, iris
4. 3 siung bawang merah ukuran sedang,iris
5. 2 1/2 gelas air
6. 1 Buah tomat masak, iris kasar
7. Garam secukupnya
8. Penyedap rasa secukupnya
9. Minyak goreng 2-3 sendok makan

Cara membuat & memasak

1. Tuang minyak goreng keatas wajan dan hidupkan kompor
2. Tumis rajangan bawang merah bawang putih, bawang prei dan helaian seledri hingga harum dan berwarna kekuningan.
3. Tuang air
4. Tanpa menunggu air mendidih masukkan ceker ayam, kentang wortel dan tomat.
5. Rebus dengan api ukuran sedang, karena jika api terlalu besar akan membuat kuah cepat menyusut dan habis. 
6. Aduk sesekali
7. Tambahkan garam dan penyedap rasa sesuai selera.
8. Masukkan telur puyuh. Telur puyuh dimasukkan terakhir karena sebelumnya telur ini sudah masak.
9. Rebus sop hingga bagian daging ceker ayam terlihat rengkah/ retak dan sumsum tulang menjadi berwarna hitam. Hal ini menandakan sayur sop ceker ayam sudah matang
10. Angkat dan tuang ke dalam mangkuk
11. Diam kan sejenak dan sayur sop ceker ayam siap dinikmati

Nah sobat, itulah resep dan cara membuat sayur sop ceker ayam yang enak dan lezat andalan keluarga saya, slamat mencoba, semoga anda juga menyukainya. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya.

0 Response to "Cara Membuat dan Memasak Sayur Sop Ceker Ayam Super Enak & Lezat, Bakal ketagihan!!"