بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Fungsi vitamin k untuk kesehatan tubuh manusia baik anak-anak, dewasa maupun bayi khususnya

Hai sobat uniquee, anda mungkin seringkali mendengar istilah vitamin seperti a, b, c, d, e dan k. Namun khusus vitamin k, sepertinya banyak yang agak kurang familiar. Padahal vitamin k yang merupakan vitamin larut lemak ini adalah salah satu vitamin yang sangat dibutuhkan oleh tubuh demi menjaga kesehatan tetap terjaga dan stabil.
Gambar ini merupakan gambar vitamin/ suplemen berupa pil, softgel dan kapsul

Vitamin k memiliki 2 golongan yaitu vitamin k1 dan k2. Vitamin k1 bisa didapatkan dari sayur sayuran yang berwarna hijau dan vitamin k2 bisa didapatkan dari keju, daging, telur

Sebenarnya apa fungsi vitamin k hingga seseorang sangat membutuhkannya? Berikut fungsi/manfaat vitamin k untuk kesehatan tubuh manusia baik bagi anak anak, dewasa maupun bayi khususnya :

1. Membantu proses pembekuan darah

 Tahukah anda saat anda atau anak anda terluka dan tiba tiba darahnya berhenti , disanalah peran vitamin k. Vitamin k membekukan darah secepatnya agar tidak mengalir terus menerus atau sulit dihentikan.

Bahkan, vitamin k lebih dibutuhkan oleh bayi baru lahir berhubung bayi lebih rentan mengalami pendarahan, ditambah lagi dengan masih sedikitnya kadar Vitamin k dalam tubuhnya sehingga tenaga medis akan secepatnya memberikan suntikan vitamin k pada bayi yang bersangkutan

2. Mengobati/mencegah defisiensi vitamin k

Seperti yang sudah diutarakan pada poin nomor 1 bahwa pemberian vitamin k pada anak-anak, dewasa dan bayi khususnya bertujuan mencegah defisiensi vitamin k.

3. Mengobati pendarahan yang disebabkan oleh antikoagulan.



Peringatan penggunaan vitamin k !

Walaupun vitamin k sangat di butuhkan oleh tubuh manusia, bukan berarti vitamin ini boleh digunakan siapa saja tanpa terkecuali. Kenyataannya ada peringatan yang wajib diperhatikan jika ada yang berniat mengkonsumsi vitamin k, diantaranya: 

1. Jika  anda adalah seorang wanita yang sedang merencanakan kehamilan, baru saja melahirkan atau sedalng dalam masa menyusui, ada baiknya untuk berkonsultasi pada dokter spesialis sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi vitamin k. Khusus ibu hamil hanya diperkenankan untuk mengkonsumsi vitamin k dengan anjuran dokter.

2. Dilarang mengkonsumsi vitamin k melebihi dosis yang dianjurkan oleh dokter.

3. Hati hatilah jika menggunakan vitamin k saat anda juga mengkonsumsi obat antikoagulan, salisitat atau antibiotik tertentu karena mungkin jadi akan menimbulkan reaksi yang tidak diinginkan.

4. Hati hati menggunakan vitamin k pada seseorang yang menderita gangguan ginjal atau hati.

5. Harap segera menemui dokter jika mengeluhkan alergi atau terjadi overdosis setelah mengkonsumsi vitamin k.

Nah sobat, itu sekelumit informasi mengenai fungsi dan manfaat vitamin k untuk kesehatan tubuh manusia baik bagi anak-anak, dewasa maupun bayi khususnya.

Semoga bermanfaat, dan jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya.


0 Response to "Fungsi vitamin k untuk kesehatan tubuh manusia baik anak-anak, dewasa maupun bayi khususnya"