بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Cara Budidaya/Menanam Tanaman batang Serai-Sereh untuk Bahan Masakan dan Pengusir Nyamuk

Serai atau sereh  merupakan tanaman batang yang memiliki aroma wangi. Dengan membudidayakan tanaman serai banyak manfaat yang dapat kita peroleh, beberapa diantaranya sebagai salah satu bahan/bumbu untuk memasak hidangan rumah tangga. Selain itu tanaman serai juga dipercaya dapat mengusir nyamuk sehingga dapat anda gunakan untuk keperluan tidur anda supaya tidak digigiti nyamuk. Terakhir tentunya meminimalisir keuangan anda karena anda tidak perlu mengeluarkan uang lagi untuk sekedar membeli tanaman serai.
Gambar ini merupakan gambar tanaman serai-sereh

Serai sendiri merupakan tanaman yang mudah tumbuh dan biasa di budidayakan atau ditanama di pekarangan rumah. Serai memang jarang ditanam  polybag berhubung anakan nya semakin lama semakin banyak, sehingga tidak memungkinkan untuk terus ditanam dimedia yang kecil seperti polybag.

Untuk mendapatkan bibit serai yang akan ditanam tidak perlu susah susah, karena bibit diambil dari batang serai ukuran sedang yang masih memiliki tunggul akar. Tentunya dapat didapatkan di dapur maupun dibeli langsung di pasar tradisional.

Bagi anda yang juga berminat untuk budidaya/menanam tanaman batang serai dipekarangan rumah, anda dapat melihat langkah-langkahnya dibawah ini :

1. Sediakan bibit serai yang telah dipotong bagian daun hijau menjulurnya

2. Buat lubang dipekarangan rumah dengan dalam sekitar 5 cm

3. Masukkan tanaman batang serai ke dalam lubang dan tutupi kembali dengan tanah.

4. Lakukan penyiraman setidaknya 2 kali sehari hingga tumbuh batang serai kedua. Setelah itu penyiraman tidak dibutuhkan lagi karena biasanya tanpa disirami pun tanaman serai akan tumbuh subur dengan sendirinya.

5. Saat anakan tanaman batang serai makin banyak silahkan di panen dan tanam lagi satu persatu karena jika terus dibiarkan semakin rimbun, anakan batang serai akan tumbuh semakin kecil alias semakin kerdil.

Sekian cara budidaya/menanam tanaman batang serai-serehnya untuk dimanfaatkan sebagai bahan/bumbu masakan dan pengusir nyamuk, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya


0 Response to "Cara Budidaya/Menanam Tanaman batang Serai-Sereh untuk Bahan Masakan dan Pengusir Nyamuk"