بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Cara Budidaya/Menanam Cabe (cabai) Merah Keriting dan Rawit di dalam pot dan polybag

Cara Bercocok tanam cabe dirumah - Cabai atau cabe merupakan tanaman yang banyak dibudidayakan/ ditanam masyarakat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kita karena cabe merupakan bahan masakan khas untuk orang indonesia yang suka pedas. Cabai sendiri beraneka ragam, namun yang lebih sering dan disukai masyarakat untuk dijadikan bergam masakan adalah cabe merah keriting dan cabe rawit. Karena kedua jenis cabe ini memiliki rasa yang lebih pedas dan dengan kandungan air yang tidak terlalu banyak.
Gambar ini merupakan gambar cabe rawit, cabe hijau dan cabe merah keriting

Cabai/cabe merupakan tumbuhan dengan tinggi yang sedang berdaun hijau dan berbatang kecil keras, memiliki banyak ranting dan cabang. Khusus untuk bagian daun, cabai merah keriting memiliki daun relatif kecil sedangkan cabai rawit memiliki daun yang lebih besar dan lebar.

Bagi anda yang juga ingin membudidayakan cabai merah keriting dan cabe rawit dirumah bisa mencoba nya dengan menggunakan media pot dan polybag ukuran besar. Kenapa media nya cukup besar, supaya tanaman yang sudah tumbuh tinggi dan kokoh tidak roboh karena tempat tanam nya kecil serta menghindari tanaman kekurangan asupan nutrisi dari tanah. Hal ini disebabkan kurangnya tanah di dalam pot dan polybag, sehingga menyulitkan serabut akar mencari nutrisi untuk tumbuh dan berbuah nya tanaman cabe.

Keuntungan bagi anda yang nantinya membudidayakan tanaman cabe merah keriting dan rawit adalah selain bisa untuk konsumsi sendiri, bisa juga sebagai penghias teras dan halaman.

Nah, sekarang langsung saja kita cek langkah langkah membudidayakan/menanam cabe merah keriting dan cabe rawit di dalam pot dan polybag :

1. Sediakan bibit biji cabe. Anda bisa mendapatkannya dengan dua cara. Pertama membeli bibit biji cabe  unggul dipasaran. Yang kedua dengan mengambilnya di dapur rumah anda. Jika anda mendapatkan bibit biji cabe di rumah, lakukan lah dengan cara menjemur bibit cabe yang baru saja dikeluarkan. setelah kering baru bisa digunakan untuk ditanam.

2. Rendam bibit cabe didalam air untuk memilih bibit cabe yang berkemungkinan dapat tumbuh. Tanda nya, jika biji cabe mengapung berarti tidak layak tanam, sebaliknya jika tenggelam berarti itu adalah biji bibit cabe yang bagus untuk ditanam.

3. Rendam bibit biji cabe unggul tersebut semalaman untuk merangsang tumbuhnya akar.

4. Sediakan polybag ukuran kecil yang sudah diisi tanah humus alias tanah yang mengandung banyak unsur hara untuk pembibitan anakan. Anda bisa mendapatkanya disekeliling rumah.

5. Benamkan 1- 2 bibit biji cabe ke dalam polybag dan tutupi kembali dengan tanah

6. upayakan tanah tetap lembab dengan menyiraminya 2 kali sehari.

7. Setah tanaman cabe tumbuh hingga muncul 4 helai daun saatnya memindahkan bibit anakan cabe ke dalam pot dan polybag besar.

8. Sediakan Pot dan polybag ukuran besar yang sudah diisi tanah humus kaya unsur hara kira kira 2/3 bagian polybag.

9. Masukkan bibit anakan cabe kedalam pot polybag besar. Caranya cukup menyobek polybag kecilnya dengan menggunakan pisau, jangan mencabut karena akan membuat tanaman stress dan cepat mati setelah dipindahkan.

10. Tutupi kembali dengan tanah

11. Lakukan penyiraman 2 kali sehari untuk mempertahankan kelembaban dan kandungan air didalam tanah 

12. 14 hari setelah tanam beri pupuk Npk/pupuk organik/pupuk kandang kering. Khusus pupuk kimia bisa diberi dengan porsi 1 sendok makan dengan cara melubangi tanah disekitar tanaman dan memasukkan pupuk kedalamnya. Ingat jangan terlalu dekat dengan akar nanti tanamannya mati.

13. lakukan penyemprotan hama dengan waktu yang berbeda dengan pemberian pupuk. Penyemprotan hama dilakukan karena tanaman cabe rentan diserang hama seperti kutu daun dan serangga jenis lainya sehingga tanaman cabe sulit tumbuh, daun menggulung dan ujung ujungnya mati.

14. Setelah tanaman cabe cukup tinggi, tancapkan pancang kayu dan ikatkan batang cabe ke pancang. tujuannya agar nantinya tanaman cabe tidak roboh.

15. Beri pupuk susulan tiap 2 minggu sekali hingga masa mapen

16. Bersihkan area pot dan polybag dari rumput liar yang dapat mengganggu pertumbuhan cabe.

17. Panen

Nah itulah cara Budidaya/menanam tanaman cabe (cabai) merah keriting dan cabe rawit di dalam pot dan polybag yang baik dan benar. Selamat mencoba dan semoga berhasil. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya


0 Response to "Cara Budidaya/Menanam Cabe (cabai) Merah Keriting dan Rawit di dalam pot dan polybag"