بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Cara Budidaya/Menanam Bawang daun (Prei) di dalam pot dan Polybag dengan baik dan benar

Budidaya Bawang daun prei - Bawang daun atau pada umumnya masyarakat menyebutnya dengan bawang prei adalah tanaman yang memiliki batang putih dengan tinggi sekitar 30 cm dan tergolong lunak dengan daun berwarna hijau dan berongga besar didalamnya. Bawang daun prei banyak dibudidayakan/ ditanam petani diseluruh indonesia karena merupakan salah satu bahan masakan yang wajib ada didapur sama hal nya seperti bawang merah. Biasa digunakan menjadi salah satu bahan utama dalam membuat sajian hidangan lezat, beberapa diantara nya untuk membuat soto, telur dadar, sup, bakwan, bihun, martabak telur dan masih banyak lainnya.
Gambar ini merupakan gambar beberapa batang bawang prei

Bawang daun/prei dijual dipasaran dengan harga berbeda beda tergantung musimnya. Dilokasi saya, bawang daun saat murah murahnya bisa seharga Rp 1.000 saja perkilonya. Namun, jika sedang mahal bisa seharga Rp 15.000 per kg  nya.

Jika anda termasuk orang yang menjadikan bawang daun/prei sebagai kebutuhan dapur anda sehari hari, ada baiknya untuk membudidayakannya sendiri dengan menanam bawang daun/prei tersebut dirumah dalam skala kecil di dalam pot dan polybag. Cara menanam Bawang daun /prei yang sangat mudah, pastinya membuat anda akan berkata 'Kenapa saya tidak menanamnya dari dulu saja kalau semudah ini'

Bagi anda yang ingin mencoba membudidayakan/menanam bawang daun-prei silahkan ikuti langkah langkah berikut :

1. Beli bawang daun ukuran sedang yang masih berakar di pasaran

2. Potong setengah dari bagian daun yang berwarna hijau, fungsinya untuk memudahkan bakal daun baru untuk tumbuh lebih cepat.

3. Potong bagian akar yang memanjang, sisakan bagian tunggulnya. Fungsinya untuk merangsang pertumbuhan akar baru.

4. Sediakan pt atau polybag berisi tanah humus yang bisa anda dapatkan disekeliling anda. Jika tidak ada tanah humus, ambil saja tanah yang berada ditempaat yang banyak ditumbuhi rerumputan biasanya lebih baik.

5. Buat lubang tanam ditengah pot dan polybag dengan menggunakan 2 jari

6. tancapkan 1-2 batang bawang daun prei kedalamnya dan padatkan bagian tanah yang masih berlubang.

7. Letakkan tanaman di teras rumah yang tentunya mendapat cahaya matahari langsung

8. Sirami tanaman daun bawang 2 kali sehari, jadwal pengairan bisa dikurangi jika hari musim penghujan.

9. 10- 14 hari siap tanam beri pupuk daun dan pupuk batang agar tanaman bawnag prei kokoh, besar, berdaun hijau yang tidak layu. Jika anda tidak memiliki pupuk kimia, anda bisa menggunakan pupuk kompos atau pupuk kandang kering. Khusus pupuk kimia, cara nya bisa dengan di kocor atau meletakkan pupuk di sekitar tanaman. Pupuk padat tidak boleh diletakkan disamping batang yang dekat dengan akar, takutnya nanti tanaman mati. Letakkan pupuk padat hampir ditepi pot dan polybag dengan membuat sedikit lubang. ( tidak diberi pupuk juga tidak apa apa, biasanya bawang daun tetap akan tumbuh walau tidak sebesar dengan tambahan pupuk)

10. Bersihkan sesekali area tanaman dari rumput liar yang tumbuh

11. Silahkan tunggu hasilnya

Perlu diketahui, bawang daun prei yang baru ditanam sore bisa langsung tumbuh dengan munculnya tunas baru keesokan pagi nya, tidak percaya silahkan coba. Jangan lupa baca artikel menarik lainnya ya sobat.



0 Response to "Cara Budidaya/Menanam Bawang daun (Prei) di dalam pot dan Polybag dengan baik dan benar"