بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Mengenal apa itu Buah Bit beserta Manfaat/khasiatnya untuk Kesehatan

Apa itu buah bit ?

Hai sobat uniquee, anda penasaran dengan apa itu buah bit?  Buah bit adalah jenis tanaman umbi umbian dimana umbinya berwarna merah hati. Walaupun namanya buah bit, tetapi sebenarnya bit adalah sejenis sayur sayuran. Buah bit mengandung diantaranya Asam folat, vitamin A, B6, C, Zat besi, Kalium, Magnesium, fiber, antioksidan lemak tak jenuh dan protein. Buah bit ini banyak dimanfaatkan sebagai bahan pengobatan dengan cara dibuat jus, dikukus, atau dimakan langsung. Untuk lebih lengkapnya mengenai manfaat buah bit, silahkan baca uraian dibawah:

Manfaat/Khasiat Buah bit

1. Melancarkan aliran darah dan meminimalisir kepikunan
Buah bit mengandung nitrat, dimana saat dikonsumsi didalam mulut akan berubah menjadi nitrit yang fungsinya dapat memperlebar pembuluh darah alias membuat pembuluh darah terbuka sehingga dapat memperlancar aliran darah dan penghantaran oksigen ke bagian tubuh yang membutuhkannya. Buah bit juga dipercaya meminimalisir gelaja pikun pada orang lanjut usia dengan cara meningkatkan aliran darah ke otak. Walaupun kajian ini masih perlu diteliti lebih lanjut untuk mendukung pernyataan tersebut.

2. Mencegah Konstipasi
Buah bit kaya akan serat yang sangat baik untuk melancarkan buang air besar dan mencegah terjadinya konstipasi.

3. Mencegah berkembangnya sel kanker.
Para peneliti percaya bahwa kandungan betacyanin yang terdapat pada pigmen merah pada umbi buah bit mampu melindungi tubuh dari berkembangnya sel abnormal penyebab kanker. Namun, ini juga masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

4. Menghindari penimbunan lemak di hati
beberapa kajian menyebutkan bahwa senyawa kimia dalam buah bit dapat melawan terjadinya penimbunan lemak dalam hati. Namun lagi lagi kajian ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Namun perlu digarisbawahi bahwa dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi buah bit secara berlebihan apalagi dalam jumlah yang besar karena dapat menurunkan kadar mineral kalsium di dalam tubuh manusia, merusak organ ginjal dan memperparah penyakit ginjal yang di derita seseorang.

5. Mencegah dan menurunkan tekanan darah tinggi

Sumber informasi : Alodokter - Manfaat buah bit

Semoga bermanfaat

0 Response to "Mengenal apa itu Buah Bit beserta Manfaat/khasiatnya untuk Kesehatan"