بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Pengertian Website

Website atau dalam bahasa indonesia diartikan dengan situs web, merupakan sekumpulan halaman web terkait, berupa konten multimedia. Bisa berisi tulisan, gambar maupun video, pdf, halaman download, dll. 

Sebuah website dapat diidentifikasi melalui nama domain umum. Mungkin anda pernah melihat sekilas seperti ;


  1. Uniqueepedia.blogspot.com.   atau
  2. Www.namablabla.com

Yang dua diatas merupakan contoh nama domain.

2 jenis Domain

Nama sebuah domain dapat dibagi menjadi 2 jenis.

  • Domain gratis seperti pada contoh nomor 1, yang menggunakan platform blogspot, bisa juga menggunakan wordpress, dll.
  • Domain berbayar sperti contoh nomor 2. Domain jenis ini digunakan untuk lebih mempersingkat nama domain itu sendiri dan memudahkan orang untuk mengingatnya, khususnya bagi pembaca website yang bersangkutan.

Sebuah website dipublikasikan melalui suatu server web dan diakses melalui jaringan Internet Protokol(IP) publik seperti internet, Lan. 

Jaringan internet protokol tersebut bisa berasal dari laptop, komputer, smartphone maupun hp.

Fungsi Website

Website sendiri memiliki banyak fungsi, mulai dari yang bersifat pribadi, situs komersial, situs pemerintah maupun suatu organisasi

Tujuan Website

Website memiliki tujuan sesuai yang diinginkan oleh si pembuat, bisa bertujuan sebagai media hiburan, media promosi, media informasi berita maupun informasi bermanfaat.

Namun jika anda membuka suatu website tetap saja harus berhati hati memilih, karena tidak semua informasi yang berasal dari suatu website semua benar adanya.

Setiap website dibuatboleh manusia, dan mungkin memiliki sedikit ketidaksempurnaan dan ketidak akuratan dalam pembuatan konten. Walaupun tidak semua website seperti itu.

Struktur Website

Halaman halaman yang terdapat di website dibuat dan disusun dalam dua format. Format pertama berupa teks biasa, dan yang kedua berupa HTML (Hypertext Markup Languange).

Website website yang ada diakses dan hantarkan melalui Http atau HTTPS untuk lebih amannya.

Maka dari itu saat anda menjelajah sebuah halaman web, jika diperhatikan di kolom url akan tertulis seperti ini.

Http://Uniqueepedia.blogspot.com

0 Response to "Pengertian Website"