بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Uji Nyali di Objek Wisata Jenjang 1000 (seribu) di Bukittinggi

Jenjang Seribu Saat ini

Jenjang seribu merupakan salah satu objek wisata yang saat ini kian ramai di datangi wisatawan.

Jemjang ini merupakan hasil revitalisasi dengan banyak perbaikan sehingga menjadikannya kian indah dan semakin diminati wisatawan.

Pada awalnya, jenjang ini kurang terawat dan hanya berupa jenjang tanah yang tidak memiliki pagar besi pada turunan tajamnya. Sangat jauh berbeda dengan penampakan indahnya sekarang.

Dikutip dari Republika.co.id, untuk biaya perbaikan dan revitalisasi objek wisata ini, setidaknya menghabiskan dana sekitar Rp.15 milyar  yang diambil dari anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

Penyerahan dana itu pun diberikan bertahap bukan secara keseluruhan. Dimana penyerahan tahap pertama sebesar 7.5 milyar diberikan pada tahun 2013 dan sisa nya 7.5 milyar lagu diserahkan pada tahun 2014.

Fakta Jenjang Seribu (1000)

Jenjang seribu merupakan salah satu jenjang diantara beberapa jenis jenjang yang terdapat di wilayah Kota Bujittinggi. Yang mana jenjang lainnya bernama jenjang 40 di pasar atas dan *jenjang koto gadang (the great wall of Bukittinggi).

Namun banyak info yang keliru menyebutkan bahwa jenjang 1000 ini adalah jenjang Koto Gadang atau Tembok cina mini nya. Sehingga membuat ulasan artikel mengenai jenjang seribu malah mereka menampilkan foto jenjang yang menyerupai tembok cina berukuran mini.

Sebenarnya objek wisata yang menyerupai Tembok China bukan lah Jenjang 1000 tetapi jenjang Koto Gadang. Adapun jarak antara objek wisata jenjang 1000 dan tembok cina mini berjarak sekitar 1 km. Namun keunggulannya ya sama sama memiliki keindahan dan keunikan masing-masing.

Lokasi Jenjang Seribu (1000)

Jenjang seribu ini berada dikawasan Ngarai Sianok, di bawah daerah kecil bernama Bukik Apik, Puhun, Guguak Panjang, Bukittinggi, Provinsi Sumatera Barat.

Jenjang ini menurun curam menuju ke kawasan dasar Ngarai Sianok. Bisa dibilang pada zaman dahulu, jenjanh ini dimaksudkan untuk mempersingkat jalan menuju sungai yang berada di dasar ngarai.

Jenjang ini memanjang, bahkan berada pada belahan bukit yang sempit.

Jika anda berminat untuk berwisata kesini setidaknya kondisi tubuh anda haruslah fit, nyali anda harus kuat dan harus mengisi tenaga dahulu dengan makanan.

Jangan sampai saat menuruni jenjang dari atas tebing justru nyali anda ciut atau baru beberapa langkah naik tangga anda sudah merasa sesak nafas dan kehabisan tenaga.

Walaupun perjalanan menyusuri objek wisata ini menyenangkan dan tidak terlupakan, tetap saja butuh persiapan yang matang. Ini benar-benar menantang. Jangan terburu-buru menyusurinya atau anda akan membuat lelah kaki dan badan sendiri serta melewatlan apa yang seharusnya tidak dilewatkan.

Berjalan lah dengan santai agar anda dapat menikmati setiap sudut pemandangan dan menghindarkan badan anda dari kelelahan akut.

Jangan lupa berpegangan pada pagar besi nya saat menuruni turunan tajam untuk meminimalisir resiko terjatuh karena cemas atau tergelincir atau karena hal tidak terduga lainnya.

Transportasi menuju objek wisata jenjang 1000.

Untuk mencapai lokasi gerbang jenjang seribu dari atas ngarai anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, ojek, mobil pariwisata atau menggunakan angkutan umum yang biasa lalu lalang disekitar pusat kota bukittinggi dengan tujuan daerah Bukit apit.

Biaya masuk ke Objek Wisata Jenjang 1000 di Bukit apit

Gratis




0 Response to "Uji Nyali di Objek Wisata Jenjang 1000 (seribu) di Bukittinggi"