بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Mau Tau KENAPA Newbie Selalu Gagal Ngeblog? Cek 22 Kebiasaan Paling buruk Blogger Pemula ini

Jika ingin sukses dalam menggeluti dunia ngeblog, banyak hal yang musti diperhatikan, bukan hanya ingat dan tuliskan ide saja atau sekedar utak atik blog dan semua selesai.

Perlu kekonsistenan dalam menulis artikel yang berkualitas,  Memilih template yang SEO friendly-loading cepat plus dengan tampilan menarik hati pengunjung, serta harus menerapkan SEO onpage-offpage juga.

Hal ini bertujuan agar Blog anda lebih cepat di index sekaligus mendapatkan pengunjung dan mereka menyukai anda, sehingga bisa saja mereka membookmark url anda atau mengingatnya secara langsung untuk melakukan kunjungan kembali saat mereka butuhkan.

Walaupun demikian, masih banyak diantara blogger pemula yang melakukan praktik kesalahan yang dapat berakibat fatal bagi trafik, kesehatan serta bagi pandangan search engine terhadap blog yang  bersangkutan.

Seperti kesalahan-kesalahan berikut :

1. Bolak-balik melihat statistik


Gambar ini merupakan kartun seorang wanita dengan papan peringkat dibelakangnya
Gambar : pixabay
Statistik merupakan tool dari menu beranda blogger yang menggambarkan jumlah pengunjung yang datang mengunjungi blog selama 24 jam perharinya.

Tidak dipungkiri bahwa melihat statistik sangat berguna sekali untuk memantau seberapa banyak visitor blog anda.

Akan tetapi bagi anda yang masih baru  hal ini bisa dibilang menjadi hobi buruk.

Jujur saja, Berapa ratus kali anda melihat statistik dalam sehari? Cuma anda yang tau saking seringnya. Hanya karena ulah ingin tahu akan berapa banyak yang sudah mampir.

Biasanya kegiatan ini  dimulai setelah barusan posting artukel, sekali beberapa menit dicek.


Bahkan jika diperhatikan dengan seksama, sepertinya lebih banyak melihat statistik dari pada mempublikasikan artikel terbaru.

Ingat!! Seberapa sering pun anda melihat statistik, tidak akan mempengaruhi laju traffik dan pengunjung anda pun tidak akan membludak dengan sendirinya, semua nihil alias Nol Besar.

Kebiasaan buruk ini membuat waktu ngeblog anda banyak terbuang sia-sia karena ulah rasa ingin tahu akan seberapa banyak pengunjung yang mampir. Nyatanya jika digunakan dengan lebih efektif tentunya banyak artikel baru yang bisa anda tulis.

2. Gonta-ganti Template
Gambar ini merupakan ilustrasi 9 macam template menarik
Gambar : pixabay

Template gambarannya seperti rumah bagi seluruh artikel postingan anda, disinilah awal mula anda memulai blogging. Tanpa template tidak akan ada publikasi postingan.

Namun jangan jadikan template sebagai segalanya, dimana anda menggantinya sesering mungkin untuk mendapatkan tampilan yang cocok di hati.

Selain itu, Yang akan melihat template anda bukan hanya diri anda sendiri tetapi banyak orang.

Jangan sampai mereka bingung, lho ini beneran blog kemaren nggak ya, kok tampilannya beda terus?, maka dari itu pilihlah hanya satu template yang tepat, yang mencakup segala yang dibutuhkan pengunjung, baik itu tampilan, maupun kecepatan loading. Untuk dari segi blog anda, anda juga harus memperhatikan apakah template tersebut responsive.

Sebagai tambahan, Pilihlah template dengan cara memposisikan diri anda sebagai pengunjung umum, sehingga anda sendiri dapat dengan mudah menilai kebagusan template yang akan anda gunakan untuk menunjang SEO blog.

Sebagai informasi tambahan, Santer kabar bahwa menggonta-ganti template dapat membuat robot google memakan waktu lama dalam menelusuri tiap sudut blog anda.

Bagaimana tidak, tiap tiap template punya desain dan tata letak berbeda. Jadi, saat sedang ditelusuri robot dan anda malah mengganti dengan template baru lagi, ya robotnya mengulang lagi dalam menelusuri blog anda. So, kapan peringkat blog anda akan naik dan bersaing dengan blog yang lainnya.

3. Mengabaikan Panduan SEO Google dan mengutamakan SEO hasil pencarian sana sini.
Gamnar ini merupakan gambar seseorang yang menunjuk kata seo
Gambar : pixabay
Mustahil rasanya jika menginginkan posisi terdepan hanya bermodalkan menunggu dan duduk di tempat, apalagi dalam dunia blogging, harus ada usaha, salah satu nya  melakukan Teknik SEO.

Untuk dapat menerapkannya pada blog, seorang blogger tentunya harus mencari panduan SEO bermutu terlebih dahulu.

Disinilah letak salah satu kebiasaan yang alih-alih justru membuat blog berkemungkinan tercampakkan ke posisi belakang. Hal ini dikarenakan mencari dan menerapkan panduan SEO luar sedangkan Google sendiri telah menyediakan panduan SEO luar biasa nya.

Panduan SEO selain Google yang beredar luas di dunia maya, tidak selama nya benar, ada yang realistis membantu peningkatan mutu blog anda, ada yang memberikan info setengah-setengah, bahkan ada yang benar-benar salah.

Saya ambil contoh ; info yang mengatakan bahwa "demi meningkatkan trafik blog lakukanlah blogwalking, dengan mengunjungi blog lain dan meninggalkan jejak dengan berkomentar."

Bagi para pemula yang hanya mencermati kalimat ini, tentunya akan dengan sigap mengunjungi blog tetangga, meninggalkan komen disertai menitipkan Url blog anda sendiri.

Yang pada kenyataannya ini merupakan unsur spam yang dapat merusak citra blog orang dan merusak citra blog anda sendiri. Hal ini dikarenakan blogwalking seperti ini jelas jelas dilarang.

Padahal jika ditelusuri secara mendalam, info diatas hanya berupa potongan cara SEO blogwalking, karena blogwalking yang sesungguhnya memiliki aturan khusus, seperti meninggalkan link url blog anda dengan menggunakan OPEN ID pada pilihan "berkomentar sebagai : ".

Untuk mengetahui secara detail cara berkomentar dengan OPEN ID silahkan baca artikel Uniqueeprdia mengenai OPEN ID.

Sebagai kesimpulan, boleh saja mengambil Pedoman SEO dari luar sebagai tambahan, namun utamakan SEO Google.

4. Utak-atik Robot Txt

Dilansir dari Wikipedia, robot txt sendiri merupakan ketentuan untuk mencegah web crawler  dan robot dari web lain dalam mengakses keseluruhan atau sebagian dari situs web anda.

Robot ini berguna untuk mengontrol halaman-halaman tertentu agar tidak diindeks oleh spider mesin pencari atau situs -situs sosial media.

Jika salah sedikit saja dalam mengutak-atik robot ini, bisa jadi ada beberapa bagian didalam blog anda yang seharusnya di indeks malah dicekal untuk tampil.

Oleh karena itu, kalau tidak paham betul dengan Robot Txt, jangan menguak-atik. Karena bahaya nya cukup besar.

Jangan selalu ingin coba apa saja info yang didengar, karena yang nama nya dunia maya ada sisi negatif dan positifnya. Begitu juga artikel yang beredar ada yang membantu dan ada juga yang menjerumuskan dengan berita yang salah.

5. Menulis Konten Postingan asal-asalan

Semangat yang terlalu menggebu-gebu membuat sebagian blogger pemula membuat banyak postingan artikel dengan tujuan cepat di indeks dan cepat menghasilkan.

Terlebih lagi agar mesin pencari menempatkan seluruh artikel nya di halaman pertama tanpa menimbang dan memikirkan matang-matang apakah kontennya benar-benar berkualitas untuk diposisikan di laman teratas Google.

Seharus nya anda ingat, bahwa para pembaca yang menuntun anda untuk mendapatkan posisi teratas  Mesin Pencari adalah Manusia.

Oleh sebab itu tulislah konten artikel yang ditujukan untuk pembaca manusia dengan cara memberikan yang terbaik, baik itu dari segi kebagusan bahasa, kalimat, judul, isi artikel dsb.

Jangan asal-asalan yang pada ujungnya membuat pengunjung malas untuk mengunjungi blog anda kembali.

Sebagai tambahan, setelah menulis postingan jangan dipublikasikan dulu, bayangkan bahwasanya anda sebagai orang lain yang sedang membaca postingan.

Dan lihat apakah ada rasa nya yang kurang mengenakkan dari konten. Jika ada, anda bisa dengan segera mengubahnya. Jika semua nya terasa sudah sempurna, silahkan publikasikan.

6. Henghapus Header

Header yang merupakan Nama Pengenal suatu blog yang dapat juga ditambahkan dengan sebuah logo yang menarik kadang kala disamakan dengan gadget lainnya, dimana setelah dihapus bisa diganti dengan gadget lainnya.

Pada kenyataannya, header bawaan template jika terhapus, maka akan terhapus secara permanen, tidak dapat diganti dengan menambahkan gadget header yang ada, karena kalimat tambahkan gadgetnya tidak tersedia lagi.

Adapun satu satunya cara yaitu menambahkan script ke html template agar muncul kembali

7. Asal pilih template gratis

Tidak selamanya yang gratis memberikan sesuatu yang baik. Kenyataannya malah ada beberapa template gratis yang justru memberi tambahan pekerjaan ekstra yang tidak bisa di abaikan

Beberapa diantaranya adalah :

a. Template bawaan telah disisipkan iklan oleh pembuat template atau yang memperbarui template.

Oleh karena itu, jangan heran walaupun anda belum mendaftarkan blog ke adsense tiba-tiba ada iklan gentayangan di blog anda.

Anda harus berusaha keras untuk mencari kode script iklan tersebut di dalam html template yang ribet nya minta ampun.

b. Sejumlah template gratisan kadang kala tidak memiliki data terstruktur yang baik, sehingga anda akan terkejut karena menemukan banyak nya kesalahan saat mencek url blog anda di alat uji data terstruktur yang disediakan google.

8. Submit Blog Ke Banyak Mesin Pencari

Agar blog bersangkutan cepat terindeks, para pemula seringkali berlomba-lomba memperkenalkan blog mereka ke banyak situs submit url dan hal itu dilakukan berilang kali.

Banyak yang kurang mengetahui bahwa seringnya melakukan kegiatan ping  akan membuat blog anda di anggap Spam.

9. Konten hasil kopi paste

Anda mungkin berbangga dalam sekejap artikel anda menjulang, melebihi batas kemampuan anda membuat artikel dikarenakan hampir semua konten yang anda publikasi merupakan kopi paste.

Anda lupa, bahwa ada cara khusus bagi pemilik artikel asli untuk menemukan blog mana yang telah mengkopi paste artikelnya.

Jika mereka melaporkan blog anda, maka tamat lah riwayat ngeblog anda.

Selain itu, google bukanlah situs esek-esek yang dapat anda kelabuhi dengan mudah, sehingga anda akan selalu merasakan kenikmatan atas konten kopi paste tersebut.

Google memiliki para master yang dapat melihat dan meneliti setiap sudut konten, jadi waspada jika blog anda kembali terbelakang karena kopi paste tidak selamanya indah.

10. Membiarkan Komen Spam Meraja lela

Bagi sejumlah blogger mendapatksn komentar pembaca merupakan hal membahagiakan karena adanya komentar membuktikan bahwa blog anda masih eksis dan masih disukai.

Kadangkala saking bahagianya, anda tidak memilah milah mana konten yang layak dan tidak layak untuk ditampilkan.

Anda membiarkan pengomen menebarkan link didalam komentar yang membuat blog anda dikategorikan blog spam.

11. Membuat Internal link yang salah

Berpedoman dari informasi dunia maya, anda tidak memfilternya, malah anda langsung menerapkannya salah satunya menerapkan internal link.

Anda mungkin membuat link dengan kalimat "klik disini" yang tentunya memiliki kalimat yang ridak relavan dengan url tujuan.

Atau anda menyisipkan link didalam kalimat dalam sebuah paragraf.

12. Link keluar yang tidak relevan dan kesitus yang melanggar pedoman

Beberapa dari anda tidak memperhatikan link keluar yang anda buat.

Bisa saja, blog tujuan merupakan blog yang tidak/kurang berkualitas dimata google.

Selain itu, banyak juga link keluar justru memiliki pokok bahasan yang berbeda sehingga link yang anda buat menjadi tidak relevan. Alhasil blog anda  dianggap buruk.

Hal lain yang mungkin terjadi adalah anda memberikan link keluar yang justru tertaut pada blog yang melanggar pedoman kebijakan google seperti blog j*di, p*rn*, mengandung unsur s*r*, atau ujaran k*b*nci*n dan lain sebagainya.

13. Menggunakan email yang sama, pada youtube dan blogger sedangkan youtube telah diadsense kan.

Saat ingin memonetisasi blog, banyak juga blogger yang tidak menyadari bahwa menggunakan akun email blogger yang sudah terkait adsense youtube untuk didaftarkan adsense tidak diperkenankan sehingga anda pastinya ditolak.

Tidak hanya berimbas penolakan, tetapi juga akan sangat sulit menggunakan kembali email tersebut karena sudah dipakai untuk adsense youtube.

Ujung ujungnya anda harus ganti email.

14. Menghapus sebuah blog yang dulunya pernah didaftarkan adsense dan ditolak.

Bagi anda pemula, mungkin belum mengetahui bahwa jika anda ingin mendaftarkan adsense walaupun dengan blog baru dengan akun yang sama, maka pada kolom yang muncul akan tetap sama yaitu url pertama yang pernah didaftarkan adsense, walau blog tersebut ditolak dan telah dihapus.

Jangan heran bahwa , kolom isian nama web akan terisi otomatis tidak bisa diganti. Jikalau permohonan tetap dikirimkan pun, tetap saja hasilnya penolakan dengan beberapa kalimat bahwa blog tidak ditemukan.

15. Menjadi penulis baru di blog orang

Untuk menaikkan peringkat blog dan peringkat artikel , beberapa dari anda mungkin menerima undangan blog lain untuk menjadikan anda sebagai penulis baru.

Namun sebagai imbasnya, anda tidak bisa mengadsensekan blog anda karena tertaut dengan blog lain. Apalagi jika blog tersebut sudah diadsensekan.

Anda harus melepaskan diri terlebih dahulu agar dapat mendaftarkan blog anda.

16. Impor konten

Jika anda berkeinginan menutup blog, tentunya sayang sekali jika konten yang sudah anda tulis terbuang percuma. Karena tentu tidak mudah menghasilkannya.

Oleh sebab itu anda memback up seluruh konten dan bermaksud memindahkan/mengimpornya ke blog baru. Tidak masalah sebenarnya, namun akan sangat fatal jika blog lama tersebut anda tiadakan alias di hapus.

Karena sebagai imbasnya, seluruh image yang terdapat didalam konten yang diimpor akan lenyap, anda terpaksa harus mengupload image baru.

Kenapa?, image yang ada merupakan kopi paste dari konten blog lama, sehingga jika blog lama dihapus salinannya juga akan terhapus, termasuk image orang yang berkomentar di blog tersebut.

17. Tidak mendaftarkan blog ke search console

Search console yang merupakan google webmaster, merupakan media agar semua url anda cepat di index. Oleh karena itu bagi yang mengetahui manfaat search console tentunya akan dengan segera mendaftarkan blog ke search console setelah blog dibuat.

Bagi sebagian pemula, yang belum mengerti kegunaan search console malah mengabaikannya, sehingga wajar saja blog lama ke index.

18. Tidak menambahkan site map

Berkaitan dengan search console, site map juga mengambil fungsi untuk percepatan pengindexan data suatu blog. Oleh karena itu, tanpa penambahan sitemap juga merupakan faktor penyebab lamanya artikel yang telah dipublikasi terindex.

19. Tidak menambahkan halaman penunjang

Halaman halaman penunjang seperti, contact, peta situs(daftar isi), disclaimer, tos dan privacy policy nyatanya merupakan faktor penentu kualitas blog karena dengan adanya halaman tersebut memudahkan pengunjung mengetahui hal-hal penting tentang blog anda.

Tidak hanya sebatas itu, halaman halaman ini juga sangat dihitung dalam proses penerimaan pengajuan pendaftaran adsense anda.

Bagi anda pemula, jangan heran jika belum diterima jika belum membuat halaman halaman ini.

20. Memberi artikel dengan gambar yang besar

Mungkin sebagian dari anda menganggap gambar yang besar akan  membuat pengunjung terpana dan betah berlama-lama berada di blog anda.

Namun, anda lupa, bahwa gambar yang memiliki kilobita yang besar penyebab andil besar sebab tidak munculnya gambar tersebut saat pengunjung membuka artikel anda, atau jika pun muncul membutuhkan waktu lama.

Hal ini dapat mengakibatkan pengunjung baru kadang enggan meneruskan perjalanannya di blog anda.

Beruntung jika blog anda merupakan blog yang sudah dikenal dan dicintai para pengunjing sejak lama. Sejatinya hal ini bukan masalah besar. Mereka akan terap setia membaca tanpa peduli gambar tersebut.

21. Lebih Banyak Gambar dari tulisan

Bagi pemula yang ingin megajukan ke adsense, hal ini merupakam salah satu penyebab anda tidak diterima.

Bagaimana pun juga adsense lebih menyukai postingan yang lebih banyak tulisan dari pada hanya berisikan gambar saja.

22. Blogwalking yang salah

Masih banyak para pemula yang ingin meningkatkan trafik dengan blogwalking malah gagal total.

Hal ini disebabkan oleh cara blogwalking yang salah, anda mungkin menyisipkan link didalam komentar yang dianggap spam.

Sebagai hasil komentar anda tidak mereka publikasikan, jadi blogwalking anda sia-sia, hanya menghabiskan waktu dan kuota saja.



15 Responses to "Mau Tau KENAPA Newbie Selalu Gagal Ngeblog? Cek 22 Kebiasaan Paling buruk Blogger Pemula ini"

  1. kalo menurut ane, karena mikirin duit lebih dulu. itu yang bikin gagal

    ReplyDelete
  2. duh nomer 2 ane banget, tapi lebih tepatnya utak atik template, trus ujung2nya kacau sendiri padahal dah 2 tahunan ngeblog. tetep aja tangan gatel utak atik

    ReplyDelete
  3. no 2,3, dan 5 nih sering saya lakuin,.. makasih pencerahanya

    ReplyDelete
  4. gonta ganti template bahaya dahh, jgn coba2

    ReplyDelete
  5. klo saya 1 dan 5 mungkin, thanks untuk ilmunya...

    ReplyDelete
  6. gonta-ganti template ternyata buruk ya

    ReplyDelete
  7. harus fokus buat artikel yang berkualitas gitu intinya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas krisna,soalnya semakin berkualitas konten kita semakin sayang pula google sama blog kita, terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  8. No 1-5 saya banget. Harus dihindari nih

    ReplyDelete
  9. mantap gan, jadi motivasi buat saya, terima kasih...

    ReplyDelete
  10. Waduh saya tiap buat artikel langsung ping ke google , salah g ya , tapi cuma 1x sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pinh nya lewat fetch as google di search console atau google submit url gak masalah, yang jadi masalah menggunakan tool untuk ping ke puluhan mesin pencari itu loh, kalau sekali sekali saya rasa gak papa, tapi kalau keseringan itu yang ditakutkan, soalnya takut tiba tiba ada kenaikan pengunjung yang dramatis

      Delete
  11. waah.. banyak tipsnya. makasih sharingnya yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama-sama mbak ayu, terima kasih atas kunjungannya

      Delete
  12. Aku kayaknya perlu daftarin search console ne, thanks infonya ya!

    ReplyDelete