بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

13 Cara Cepat Tidur Pulas ( nyenyak) dan Bangun Lebih Pagi

Hai sobat uniquee, hampir setiap orang ingin cepat tidur pulas dan bangun lebih pagi. Tentu bukan tanpa alasan cepat tidur menjadi harapan banyak orang. Ini disebabkan karena tidur adalah hal mutlak yang harus di dapatkan setelah bekerja seharian yang menghabiskan banyak tenaga, dan hanya bisa dipulihkan dengan tidur yang pulas sehingga besok paginya bisa bangun lebih awal untuk beraktifitas lagi.

Namun, nyatanya banyak yang justru tidak dapat tidur dengan nyenyak dan pulas, yang ada hanya bangun tiap sebentar, Guling kanan guling kiri, ujung ujungnya baru bisa merasakan enaknya tidur saat jam sudah menunjukkan pukul 3 dini hari. Tentunya hal ini akan memberikan dampak yang kurang baik dalam banyak hal. Beberapa diantara akibat tidur kurang pulas adalah, mengantuk dipagi hari, mengantuk saat bekerja, badan lelah dan letih dan susah konsentrasi.

Jika anda merupakan salah satu diantara orang yang tidak bisa cepat tidur pulas, anda harus segera mencari solusi untuk mengatasi masalah tidur yang saat ini di alami. Hal ini supaya tidak terjadi berlarut larut dalam jangka waktu yang lama. Beberapa cara/tips berikut ini bisa anda coba agar anda bisa cepat tidur dengan pulas dan bangun lebih pagi tanpa kantuk berlebihan dan dengan tubuh yang lebih fit dan segar.

Gambar seorang wanita yang sedang tertidur pulas

Cara Cepat Tidur Pulas dan Bangun Lebih Pagi

  • Matikan lampu sebelum tidur
Tahukah sobat bahwa keadaan yang gelap dapat merangsang hormon melatonin yang berfungsi membuat anda lebih cepat mengantuk agar segera tidur, sedangkan jika keadaan ruangan terang benderang justru akan membuat anda lebih susah tidur. Namun jika anda tidak biasa gelap-gelapan, anda dapat mengakalinya dengan menggunakan lampu tidur dengan watt rendah dan minim cahaya.
  • Matikan peralatan elektronik yang masih menyala
Gambar ini merupakan gambar televisi yang masih menyala

Hal yang biasa hidup walau jam tidur sudah datang adalah televisi, radio, dan handphone. Hidup nya benda benda ini akan sangat mengganggu tidur pulas anda dikarenakan suara bising dan cahaya yang dipantulkan layarnya.

Jadi, ada baiknya matikan semuanya sebelum anda tidur.
  • Bersihkan sprei, springbed/ kasur sebelum anda membaringkan tubuh
Gambar ini merupakan gambar kasur springbed dengan sprei yang rapi

Benda seperti pasir halus yang kebetulan terbawa oleh telapak kaki anda nyatanya akan sangat mengganggu sekali saat anda tidur, sehingga anda jauh dari kata tidur yang nyaman dan pulas. Oleh sebab itu, anda sangat dianjurkan untuk membersihkan seprai sebelum beranjak tidur.

Selain itu singkirkan juga buku, pensil, pena, pakaian dan benda lainnya yang akan mengganggu saat tubuh tertidur dan berbalik.
  • Memakai pakaian yang nyaman
Proses tidur tidak selamanya berada pada posisi yang sama, ada masanya anda sesekali berputar dan berbalik badan. Menggunakan pakaian yang kurang tepat bisa membuat anda tidak nyaman bahkan bisa terbangun. Solusinya pakai lah pakaian yang nyaman untuk tidur.
  • Hindari mengkonsumsi kafein di malam hari
Seperti kita ketahui bersama konsumsi kafein dapat membuat kita terjaga lebih lama contohnya saja minum kopi dan minuman lain yang mengandung unsur serupa. Jadi, jika anda benar benar ingin tidur pulas, hindarilah mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein.
  • Hindari Tidur saat perut masih kosong atau dalam keadaan lapar
Perut yang lapar sewaktu waktu akan membangunkan anda dari nyenyak nya tidur, oleh sebab itu jangan lupa makan malam.
  • Letakkan segelas air di samping tempat tidur
Gambar ini merupakan gambar segelas air putih yang baru saja dituang dari sebuah botol

Adakala nya saat tidur sesekali kita terbangun di tengah malam karena merasa kehausan. dengan ada nya air minum yang telah disediakan anda tidak perlu lagi bersusah payah mencarinya ke dapur.
  • Beri pengertian kepada keluarga yang masih terjaga agar tidak terlalu berisik diluar kamar anda
Dengan segala upaya yang telah dilakukan, tidur anda masih bisa terganggu, bukan karena faktor yang berasal dari diri anda, justru dari kebisingan anggota keluarga yang berada diluar ruangan. Entah mereka sedang tertawa terbahak, bermain game, bermusik atau menonton tv dengan suara keras.

Oleh sebab itu anda perlu memberikan pengertian kepada mereka untuk tidak terlalu ribut karena anda akan tidur.
  • Menjaga suhu ruangan agar tetap hangat
Suhu ruangan yang hangat akan membuat anda mudah untuk tertidur karena memberikan rasa nyaman. Namun jika ternyata suhu ruangan anda lumayan dingin dikarenakan cuaca, anda bisa menggunakan selimut untuk mempertahankan suhu sekeliling tubuh anda/ menggunakan kaus kaki dan sweater.

Jika anda menggunakan ac sebagai pendingin ruangan, usahakan mengatur tingkat suhu sestabil dan senyaman mungkin.
  • Menggunakan minyak essensial aromateraphy
Minyak aroma therapy nyatanya dapat membuat anda segar, rilex sehingga dapat membantu anda untuk tidur lebih cepat dan pulas.
  • Buat jadwal tidur dan bangun dengan teratur
Tips lainnya agar anda dapat tidur dengan nyenyak dan pulas serta bangun tidak kesiangan lagi adalah dengan membuat jadwal tidur yang teratur. Dengan ini, segala aktifitas anda jadi tebih terjadwal. Anda pun akan lebih teliti melihat jam dan melaksanakam setiap aktivitas agar tidak melampaui waktu tidur yang di jadwalkan.

Selain itu mengatur alarm pada beberapa minggu pertama sejak jadwal tidur dilaksanakan adalah cara yang cukup efektif untuk membiasakan diri bangun tepat waktu. Jika tubuh sudah terbiasa bangun sesuai jadwal, anda dapat menghentikan penggunaan alarm atau jam waker.
  • Hindari bergadang untuk hal yang kurang penting
Gambar ini merupakan gambar beberapa orang yang sedang berkumpul bersama di suatu ruangann

Banyak orang yang bergadang untuk hal yang kurang penting seperti menonton hingga larut malam, mengobrol dan tertawa tak mengenal waktu, padahal besok hari segudang aktifitas dan kerjaan sedang menunggu. Ujung ujungnya tidur menjadi telat, tidak pulas dan bangun pagi pun jadi telat hingga kerja tidak bersemangat. Oleh sebab itu, alangkah baiknya untuk tidak sering bergadang terlebih untuk hal yang tidak terlalu penting.
  • Mandi air hangat
aktifitas seharian cukup menguras banyak tenaga dan fikiran sehingga sangat memicu timbulnya lelah letih dan stress yang ujung ujungnya berpengaruh pada kualitas tidur anda. Dengan mandi air hangat sebelum tidur, banyak sedikitnya dapat membantu mengatasi kelelahan dan pegal pegal tubuh dan mengurangi beban stress yang sedang mendera. Dengan ini tentunya dapat membantu anda dalam mendapatkan tidur yang cepat, nyenyak dan pulas.
  • Terakhir yang dapat anda lakukan adalah berdoa sebelum tidur.
Semoga info diatas bermanfaat bagi sobat yang sedang mengalami susah tidur, dan dapat dengan segera menikmati tidur pulas nya agar keesokan hari bisa bangun pagi dengan tubuh yang segar, serta siap menghadapi beragam aktifitas. 



Baca Tips dan Trik menarik lainnya yuk disini Daftar Tips & Trick Menarik

Semoga bermanfaat, bantu SHARE juga ya buat pengembangan blog ini







0 Response to "13 Cara Cepat Tidur Pulas ( nyenyak) dan Bangun Lebih Pagi"