بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

25 Daftar Perlengkapan Bayi Baru lahir yang Harus Dibeli

Daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli - Menyambut kelahiran seorang bayi memang hal yang ditunggu-tunggu, namun jangan sampai lupa kebutuhan wajib yang harus dipersiapkan/ dibeli lebih awal, yaitu perlengkapan bayi baru lahir dan Ibu melahirkan. Hal ini supaya anda dan keluarga tidak kocar-kacir mencari kebutuhan bayi dan sang ibu sesaat setelah melahirkan.

Bukan hanya keluarga yang mendampingi yang akan dibuat sibuk, ketiadaan perlengkapan ini juga dapat membuat stres perawat dokter terlebih bagi ibu yang melahirkan.


Bagaimana tidak, si ibu akan merasa pusing karena perlengkapan bayi nya seperti bedong dan selimut bayi yang sangat berguna menjaga buah hati nya yang kedinginan malah belum ada.

Oleh sebab itu, penting bagi semua ibu untuk  dengan segera menyiapkan perlengkapan tersebut, supaya tiada masalah dikemudian hari.

Untuk itu saya akan merincikan  daftar yang dapat anda jadikan pedoman kalau perlu dicatat dan di check list setelah perlengkapannya ada supaya tidak ada yang ketinggalan.


Sebenarnya ini saya buat berdasarkan pengalaman pribadi saat melahirkan putri kecil saya.
Gambar ini merupakan gambar sebuah kertas ceklis untuk daftar keperluan
Gambar : pixabay


  • Daftar perlengkapan bayi baru lahir yang harus dibeli
Ini merupakan perlengkapan secara keseluruhan.

1.kain bedong 1 lusin

2.baju lengan pendek khusus bayi 1 lusin

3. baju lengan panjang khusus bayi 1 lusin

4. popok kain bayi 2 lusin ( jika bunda menggunakan popok siap pakai, pembelian popok kain bisa bunda kurangi)

5.celana pendek bayi 1 lusin

6.celana panjang bayi 1 lusin

7.singlet bayi 1 lusin

8.kaus kaki bayi 4 pasang

9. kaus tangan bayi 4 pasang

10. Kasa alkafil (kasa +alkohol70% dalam satu sachet) untuk ngelap pusar bayi untuk mencegah infeksi dan mempercepat pengeringan tali pusar, penggunaan cukup di lapkan ke pusar bayi dan kemudian dibuang.


11. Minyak kayu putih kalo bisa yang telon plus aja karena selain mengandung minyak kayu putih juga mengandung minyak kelapa, plus nya cari yang mengandung anti nyamuk, karena pemakaian obat nyamuk dalam bentuk apapun berbahaya bagi bayi.

12. Kelambu nyamuk untuk bayi. Bayi rentan terkena gigitan nyamuk karena nafasnya yang cepat dan mengeluarkan gas karbondioksida yang sering mengundang nyamuk untuk mendekat. Terlebih lagi bekas gigitan biasa nya akan menimbulkan reaksi alergi pada bayi berupa bentol kemerahan.

13. Sabun mandi bayi

14 Shampoo bayi

15.washlap bayi atau kain untuk menggosok badan bayi saat mandi

16. Baskom mandi bayi

17. Perlak untuk alas mandi bayi

18. Topi bayi, sangat dibutuhkan kalau hari mulai dingin

19. Untuk bayi yang tempat tidurnya terpisah, diperlukan box bayi

20. Gunting kuku kecil untuk menggunting kuku bayi

21. Sisir rambut bayi, kalau rambut nya sedikit gak pake sisir dulu gak apa-apa.

22. Termomether suhu bandan yang digital, sebenarnya yang raksa juga boleh tapi penggunaan nya harus sangat hati hati.termometer digunakan untuk mengecek suhu tubuh bayi jika tiba-tiba mengalami kenaikan.

23. Parasetamol drops untuk bayi jika bayi demam tinggi melebihi batas normal. Ini hanya buat jaga-jaga tapi alangkah baiknya jika memang terserang demam terlebih dahulu dikompres dengan air hangat. Kalau memang tidak berkurang dalam jangka waktu tertentu, mungkin obat adalah pilihan terakhir.

24. Selimut bayi 2 buah

25. Handuk untuk mandi bayi

Catatan : saya disini tidak mencantumkan bedak bayi berhubung memiliki resiko bahaya. Seperti dikutip dari situs dokter (alodokter.com), bahwa bedak bayi umumnya mengandung talc/talk yang jika terhirup terlalu sering dan terlalu banyak dapat menyebabkan kerusakan paru-paru dan gangguan pernafasan dan beberapa efek samping lainnya seperti iritasi mata, gangguan pada kulit, gangguan pada sistem syaraf, jantung, darah, mata, tenggorokan dan paru paru. Belum lagi jika bedak bercampur dengan keringat pada lipatan tubuh bayi yang memungkin kan terjadinya iritasi berupa luka lecet.

Jika masih ingin menggunakan bedak bayi tentunya anda harus lebih berhati hati.


  • Daftar perlengkapan ibu melahirkan

Khusus ibu melahirkan berikut perlengkapan yang wajib dipersiapkan


1.  Gurita Ibu Melahirkan  4 buah

2. PEMBALUT EXTRA tebal dan panjang 2 bungkus

3. Handuk ibu

4. Baju pendek dengan kancing didepan untuk memudahkan dalam menyusui

5. Pompa susu, jika asi melimpah maka harus di pompa keluar agar dapat mengurangi rasa sakit dan meredakan pembengkakan atau pengerasan.

6. Bra ukuran lebih dari biasa nya, jangan disamakan pada saat hamil, karena payudara ibu akan membesar setelah persalinan. Bra yang sempit akan terasa menyakitkan dan membuat aliran air susu tersendat sehingga mengakibatkan payudara mengeras dan terasa sangat sakit, beli lah bra 2 tingkat lebih besar dari bra saat hamil.

7. Begitu juga dengan celana dalam belilah ukuran 2 kali lebih besar dari ukuran saat hamil. Karena setelah melahirkan pinggul akan lebih melebar karena proses kelahiran bayi.

8. Sabun Mandi Ibu



Walaupun semua daftar telah perlengkapan bayi baru lahir dan ibu telah dicantumkan secara lengkap seperti list diatas, namun perlu digaris bawahi bahwa, tidak semua nya langsung terpakai saat seorang bayi baru saja lahir. Ada perlengkapan pokok dimana semua ini harus disediakan untuk dibawa kerumah sakit. yaitu:


  • Perlengkapan bayi untuk dibawa ke rumah bersalin/ rumah sakit
Persiapan ini adalah persiapan untuk beberapa hari dirumah sakit, jadi sebelum berangkat barang barang ini wajib dikemasi dan di bawa

1. Persiapkan tas khusus untuk perlengkapan ini , tentu nya yang agak besar

2. kain bedong 4

3. Baju lengan pendek dan panjang 4

4. Celana pendek dan panjang, 4

5.  Popok kain atau diaper 6

6. Handuk bayi, karena sehari setelah dilahirkan biasanya, bidan atau dokter akan memandikan bayi anda.

7.  Selimut bayi


  • Perlengkapan ibu yang harus dibawa kerumah sakit/rumah bersalin
1. Gurita Ibu Melahirkan  2 buah

2.PEMBALUT Melahirkan EXTRA tebal 1 bungkus

3. Handuk ibu

4. Baju pendek dengan kancing didepan untuk memudahkan dalam menyusui selama di rumah sakit

5. Bra  3 buah

6. Celana dalam 6 buah

7. Sabun mandi untuk mandi dirumah sakit


8.  2 buah kain sarung, antisipasi jika tidak disediakan kain khusus untuk melahirkan.


Sekian info perlengkapan bayi baru lahir dan juga sang ibu yang wajib disiapkan, semoga bermanfaat.





0 Response to "25 Daftar Perlengkapan Bayi Baru lahir yang Harus Dibeli"