بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

2 Cara Khusus Merangsang Penglihatan Bayi Baru Lahir agar fokus dan tidak Juling

Anda mungkin kerap kali menemukan penglihatan anak yang kemana-mana, tidak tentu arah, bahkan tak jarang sebagian orang bilang mata bayi anda bisa juling kalau tidak di ajarkan untuk tetap fokus atau mungkin lagi melihat jin.

Persepsi ini tidak sepenuhnya benar,

Kenyataannya, bayi  baru lahir hingga beberapa bulan kedepan belum bisa memfokuskan penglihatannya pada satu titik. Karena bayi harus menyesuaikan diri dengan alam baru nya. Baik itu perbedaan gelap dan terang, suara-suara, benda-benda disekitarnya, maupun orang tua nya.

Gambar ini merupakan gambar bayi yang sedang melihat sesuatu
Gambar : pixabay
Penglihatan bayi pada masa ini hanya berjarak sekitar 20-30 cm, itupun hanya berbentuk bayangan dengan arsiran layaknya anda menggambar manusia dengan bentuk garis-garis rangka saja.






Namun, walaupun begitu anda tetap memiliki tugas penting yang harus dilaksanakan yaitu :

》Memberikan stimulasi pada penglihatannya agar dapat berkembang sebagaimana mestinya.

Adapun cara-cara yang dapat anda terapkan dalam menstimulasinya adalah sebagai berikut :

a. Perlihatkan mainan berwarna terang dan mencolok

Walaupun bayi baru lahir penglihatannya masih buram, namun seiring waktu dia akan mengenali dan belajar memahami warna dan bentuk sepenuhnya. Untuk itu perlu pengenalan warna sedari awal sebagai stimulant penglihatannya, juga untuk mengajarkan bayi cara memfokuskan mata nya pada satu objek, baik objek yang diam, objek yang bergerak ke kanan dan ke kiri, atau objek yang berputar.

b. Dekatkan diri anda dengan menggendongnya, mengajaknya bercanda atau bicara.

Dengan ini, bayi akan belajar mengenali diri anda sebagai orang terdekatnya dan menimbulkan ikatan jiwa baik antara ibu dan anak atau ayah dan anak. Ditambah lagi kegiatan ini dapat membangun ketenangan jiwa dan rasa aman bagi diri bayi.

Oleh sebab itu, sering kali kita lihat seorang bayi akan merasa tenang berada dalam pangkuan ayah dan ibu nya, karena sosok-sosok itulah yang sering kali bersama nya dan yang sering kali dia lihat. Berbanding terbalik dengan orang yang jarang bayi lihat, sebagian besar bayi akan menangis sebagai gambaran bahwa bayi belum terbiasa melihat nya dan bersama dengannya.

Semoga bermanfaat

0 Response to "2 Cara Khusus Merangsang Penglihatan Bayi Baru Lahir agar fokus dan tidak Juling"