بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Jenis Mainan Bayi yang dianggap biasa, Nyatanya Sangat Berbahaya

Saat bayi terlahir banyak sekali keterampilan yang harus dia kuasai perlahan lahan, bahkan keterampilan yang akan bayi lalui seiring dengan dukungan dan bantuan orang tua. Baik stimulasi untuk melatih keterampilan berbicara, bergerak, maupun melihat.

Khusus untuk penglihatan bayi memang harus dilatih sedari dini karena penglihatannya jauh dari kata sama seperti orang dewasa umumnya.

Seperti kita ketahui bahwa bayi belum bisa fokus pada satu arah dan belum bisa melihat perbedaan warna dengan jelas hanya tampilan buram bak sketsa itupun dari jarak yang hanya 20 hingga 30 cm.

Maka dari itu,  banyak orang tua membelikan berbagai jenis mainan bayi berwarna demi melatih keterampilan melihat si kecil. mainan bayi yang dibelikan bahkan lebih dari satu. Saking bahagia nya dengan memberikan berbagai macam mainan, kadangkala orangtua lupa peringatan disetiap kemasan mainan yang justru dapat mengancam keselamatan si buah hati.. 

Pada umumnya mainan ber SNI selalu mencantumkan takaran umur bagi si pengguna mainan, seperti kalimat


WARNING" not for children under 3 years

Biasanya , kalimat tersebut ada pada label mainan yang biasa dibeli untuk bayi seperti gemerincing, kotak musik dengan untaian warna warni yang berputar dan masih banyak lainnya.

Tahukah anda makna dilarang nya mainan tersebut untuk bayi?

Ya, karena mainan mainan tersebut cukup berbahaya bagi bayi. Untuk itu anda dianjurkan untuk menghindari membelinya atau jika memang anda tetap membelinya awasilah penggunaanya. Khususnya jenis mainan bayi seperti ini :

》gemerincing
Ilustrasi : pixabay
》kotak musik berputar yang biasa digantung di atas box bayi dan sejenisnya.
Gambar : pixabay

》Boneka kecil dengan mata hidung yang terbuat dari bahan plastik.
Gambar : pixabay

》 dsb.

Berikut adalah kemungkinan fatal yang bisa terjadi jika anda lengah : 

1. Mainan berbahan plastik dimana kalau pecah dan jatuh kemulut bayi yang hanya bisa telentang tentunya sangat berbahaya jika tertelan dan menyangkut dikerongkongan.

2. Ada bagian bagian kecil seperti untaian benang dengan plastik berwarna yang kadang kala  lepas atau digigit bayi hingga lepas dan mungkin saja bisa tertelan.

3. Seperti hal nya gemerincing jika gemerincing didalam nya lepas dan jatuh kedalam mulut bayi yang sedang telentang tentu juga sangat fatal akibatnya. 

4. Bayi yang sedang aktif belajar menggigit, menggigit mata dan hidung boneka hingga lepas dan tertelan
  
Itu hanya beberapa contoh mainan saja, masih banyak mainan lain yang cukup berbahaya walau kelihatannya aman aman saja.

Maka perhatikan lah secara seksama dan fikirkan lah matang matang jika ingin membelikan mainan bayi, pilih lah tipe mainan yang benar benar tidak membahayakan dan timbanglah baik buruknya demi keselamatan bayi anda.

0 Response to "Jenis Mainan Bayi yang dianggap biasa, Nyatanya Sangat Berbahaya"