بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Tips agar BAWANG yang dibeli tidak MUDAH TUMBUH Tunas

Heran, baru kemaren dibeli, bawang sudah tumbuh tunas saja. ditunggu beberapa hari, sudah seperti bawang siap tanam. 

Wah, mana  untuk bahan masakannya kalau begitu?



Gambar ini adalah gambar bawang yang sudah tumbuh tunas
Gambar : pexels
Pusing memikirkan hal sepele ini, berikut saya uraikan tips nya agar bawang yang anda beli lebih tahan lama dan tidak mudah tumbuh tunas.

1. Sebaiknya anda  membeli bawang kampung, memang ukurannya tidak sebesar bawang Bombay tapi bawang jenis ini lebih tahan lama tanpa tumbuh tunas.

2. Pada saat anda membeli bawang kampung,  perhatikan ujung tempat tunas biasa keluar. Jika ada bekas potongan pisau, berarti bawang sudah mulai tumbuh tunas, sehingga untuk menutupinya, beberapa penjual memotongnya agar tetap laku dijual dan tentunya mereka tidak mengalami kerugian yang cukup berarti

Jadi pilihlah bawang yang belum ada bekas potongan alias ujung nya kering dan rapat. Untuk kulitnya so pasti pilih yang kering ya.

3. Setelah anda membeli bawang, jangan biarkan bawang berada didalam plastik, karena udara yang berada didalam plastik menyebabkan lingkungan sekitar bawang jadi lembab dan menyebabkan bawang cepat bertunas dan berakar, bahkan bisa busuk.

4. Jika hari lumayan panas, jemurlah bawang anda. karena dengan menjemur, tunas jadi enggan tumbuh dan bawang juga lebih awet jika disimpan.

Nah bagimana kalau bawang kampung lagi mahal , saya Cuma bisa beli bawang yang agak besar kayak  bawang Bombay.

Kalau memang ini menjadi pilihan belanjaan anda, ikuti aja semua tips diatas karena berlaku untuk semua jenis bawang. Insyaallah bawang nya juga akan kering dan tidak bertunas dalam beberapa hari. Ya, walaupun tidak selama waktu simpan bawang kampung yang bisa tahan lebih seminggu.


0 Response to "Tips agar BAWANG yang dibeli tidak MUDAH TUMBUH Tunas"