بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Mengenal "SIDS" (Penyebab Kematian Bayi mendadak yang jarang Tersadari/ Cara Mencegah )

Kehangatan saat bersama buah hati adalah masa masa emas yang mana seorang ibu tidak akan pernah mau melepaskannya, selalu bersama nya dalam setiap detik kehidupannya. Pagi menuju siang, siang menuju sore , sore menuju malam, hingga pagi datang kembali.

Namun apa jadi nya semua kebahagiaan tersebut jika ketidak pekaan dan ketidakwaspadaan nyaris membahayakan nyawa buah hati anda. Seakan bom molotov meleburkan jiwa anda.
Hal yang berkaitan dengan yang nama nya SIDS atau dalam medis disebut SUDDENT INFANT DEATH SYNDROME. Merupakan istilah untuk kematian bayi secara tiba-tiba dimana penyebabnya sebenarnya berkaitan dengan keseharian bayi anda.
Gambar ini adalah gambar bayi sedang tidur telungkup
Gambar : pixabay

Mari pahami ulasannya berikut ini :


1. Merokok, obat nyamuk kimia


Menurut penelitian medis lingkungan bayi yang terpapar asap rokok memiliki resiko besar bagi bayi untuk terkena SIDS dikarenakan asap rokok mempengaruhi kemampuan paru paru bayi dalam bernafas normal.

Begitu juga halnya dengan obat nyamuk kimia baik yang bakar maupun yang berjenis cair. Partikel kimia nya yang kecil masuk menuju saluran pernafasan bayi hingga membuat pernafasan bayi terganggu.

2. Selimut bayi.

Hati hati dalam menyelimuti bayi anda. Niat hati memang untuk menghangatkan bayi anda namun apa jadi nya jika selimut tersebut tertarik keatas menutupihidung bayi anda. Maka dari itu jangan menutupi tubuh bayi anda terlalu tinggi mendekati daerah leher, bisa saja saat bayi anda bergerak, selimut juga tergerak keatas ke bagian wajah bayi.

Atau anda bisa menggunakan baju yang khusus yang bisa menghangatkan bayi anda walau tanpa selimut.


3. Barang-barang atau mainan.

  Memanjakan bayi yang notabene nya adalh belahan jiwa anda adalah hal yang sah sah saja namun tetap ada aturan yang harus anda jalani demi keselamatan mereka. Yaitu jangan biarkan mainan atau bantal berada disekitar badan bayi anda, karena bisa saja benda benda tersebut menutupi hidung bayi atau barang barang yang begitu sesak mengakibatkan bayi anda merasa kekurangan oksigen.

4. Hati hati tidur bersama bayi.

Bukan tidak mungkin bila saat anda tidur badan anda secara tidak sengaja menindih bayi anda . Tidak hanya itu menyusui sambil tiduran juga beresiko akan terjadinya hal ini. Kenapa?. Karena bisa saja anda ketiduran dan payudara atau badan anda menindihnya.

5.tidur telungkup.

Perhatikan posisi tidur bayi anda, untuk bayi 0-1 tahun disarankan agar bayi anda tidur telentang atau miring. Karena pada usia ini bayi belum sepenuhnya bisa mengatur pernafasan saat tidur telungkup. Bahkan bisa jadi saat telungkup hidung bayi jadi tertutup.

6. BBLR

Apa itu BBLR, BBLR adalah bayi dengan berat lahir rendah atau kurang dari batas normal.

7. Bayi tidak cukup bulan alias Prematur.


Walaupun resiko terkena SIDS ini hanya sekitar 1: 100.000 , tidak ada salahnya sebagai orang tua untuk tetap waspada, karena kita tidak tau pasti siapa 1 dari 100.000 bayi itu yang akan mendapatkannya.




0 Response to "Mengenal "SIDS" (Penyebab Kematian Bayi mendadak yang jarang Tersadari/ Cara Mencegah )"