بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Rambut Bayi Rontok Berbahayakah? Jangan Risau, Baca penyebab dan solusinya

Rambut bayi anda rontok dan menempel di baju sweater, di tempat dimana kepala anak anda berbaring, bahkan terdapat dalam feses bayi anda. Itu adalah hal wajar yang terjadi pada bayi 0-6 bulan. Bahkan setelah melahirkan, anda pun akan mengalami nya. Sama hal nya dengan  manusia pada umumnya, bayi juga memiliki 2 fase pertumbuhan rambut, yaitu fase tumbuh dan beristirahat.

Maka dari itu jika rambut halus bayi anda rontok berarti rambut bayi anda sedang dalam fase istirahat yang kemudian akan kembali normal dengan adanya pertumbuhan rambut baru sesuai gen bawaan dari orang tuanya.

Adapun penyebab kerontokan rambut bayi lainnya akan saya uraikan dibawah ini :
Gambar ini merupakan gambar bayi yang tidur miring kekanan
Gambar : pexels

▪ infeksi jamur pada kulit kepala ( Tinea Captis)

Sebagian kecil bayi yang baru lahir mengidap infeksi ini hingga membuat kulit kepala bayi menjadi berkerak seperti ketombe namun lebih gelap dan tebal. Jamur jenis ini merusak akar rambut dan melemahkan kekuatan akar rambut sehingga membuat rambut bayi berangsur angsur rontok.

 Adapun solusi nya adalah : berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan cara untuk menghilangkan jamur tersebut.


▪ posisi tidur atau posisi menyusui bayi

Jika bayi anda tidur setiap hari dengan posisi yang sama, berbaring ke kanan saja, atau berbaring ke kiri saja , atau selalu telentang akan membuat bayi anda juga mengalami kerontokan karena tertindih terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Usahakan untuk mengganti posisi tidur nya.


Yang saya maksud bukan mengubah posisi tidur dalam satu waktu tidur karena akan membuat risih bayi anda. Yang saya maksud adalah pergantian posisi per sekali waktu tidur.

Contohnya :

jam 8.00 am bayi anda tertidur menghadap ke kanan
Jam 9.00 am bayi bangun dan beraktifitas hingga jam 10.30 
Jam 10.30 bayi tidur kembali, nah pada  periode kedua ini lah anda harus merubah posisi tidur jika bayi menghadap kekanan, ubahlah posisi tidurnya menjadi kekiri dan begitu seterusnya

Selain posisi tidur posisi menyusui juga berpengaruh dalam kerontokan rambut bayi, maka dari itu usahakan menyusui bayi secara bergantian antara payudara kiri dan kanan. Tentu nya setelah fore milk dan hind milk pada satu payudara  sudah diminum oleh bayi.