بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir Sebelum dan Setelah Puput Terbaru ( Cara Merawat Tali Pusar Bayi dengan Benar )

Selamat datang Bunda,

Bunda memiliki bayi baru lahir? Atau bunda sedang menunggu kelahiran si buah hati?

Yuk pelajari cara perawatan tali pusar nya karena ini juga termasuk hal yang sangat penting dalam upaya menjaga kesehatan dan mencegah terjadinya infeksi yang akan berakibat fatal terhadap buah hati bunda.

Apakah bunda tahu kalau tali pusat bayi akan lepas dengan sendiri nya lebih kurang dalam 1 minggu setelah kelahirannya, namun ada kala nya melebihi jangka waktu tersebut.

Gambar ini merupakan gambar bayi baru lahir berselimtkan kain merah jambu dan terbuka telapak kakinya
Gambar : pixabay
Kenapa???

Tentu nya dalam masalah perawatan. Bunda, sebagian ibu yang memiliki bayi, merawat tali pusar bayi dengan pengetahuan seadanya bahkan merawat dengan cara turun temurun dimana belum tentu semua benar adanya.

Contohnya;

"Membubuhi ramuan-ramuan dimana belum jelas penelitian ilmiahnya".

Atau dengan meneteskan obat merah yang kemudian dibalut kapas/kasa yang kenyataannya ini justru dapat menyakiti bayi lho. Bukan karena obat tetes pencegah infeksinya, tetapi lebih karena obat merah dan sejenisnya yang menempel dan kering pada pusat bayi. Hal itu akan membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membersihkan nya, karena cairan tersebut akan lengket dan nempel pada kapas atau perban sehingga sulit di lepaskan.

Alhasil, saat dimandikan pun harus disiram lebih lama agar terlepas. Tak jarang juga, saking nempelnya, sang ibu terpaksa menarik perlahan. Bisa bunda bayangkan tersakitinya si kecil??

Kalau masih menempel biasa nya ibu akan menggunting kasa atau kapas yang menempel. Ribet bukan? dan berbahaya juga.

Terus bagaimana perawatan tali pusat bayi yang benar?
Simak ya bunda_____

Cara pertama, bunda cukup membersihkan nya dengan air hangat yang kemudian di keringkan dengan cara di lap dengan kain bersih atau tisu. Jangan di balut kapas atau perban sejenisnya. Kemudian kenakan pakaiannya.

Cara kedua, setelah selesai mandi dan mengeringkan tubuh si kecil dengan handuk   bersihkan area pusar bayi dengan "Kasa alkafil". Setelah kasa dipakai buang lah kasa tersebut karena hanya untuk sekali pakai. Kasa alkafil adalah kasa steril dengan alkohol 70% dalam satu saset kecil. Kasa ini berfungsi untuk mencegah infeksi dan mempercepat pengeringan tali pusar.

Kasa ini biasa digunakan oleh sejumlah rumah sakit, jadi bunda tidak perlu cemas kalau kalau si kecil merasa kesakitan karena biasa nya luka hanya terdapat pada ujung tali pusar bekas potongan, itupun biasa nya sudah di ikat terlebih dulu oleh tenaga kesehatan.

Sebagai tambahan jangan bubuhi bedak ya bunda, karena mungkin jadi bedak yang dibubuhi akan lengket terkena keringat, menggumpal, dan melekat pada area pusar dan menyebabkan bakteri dengan leluasa berkembang biak.

Sekian info dari saya, semoga bermanfaat bagi bunda dan si buah hati.

Jangan lupa kunjungi kembali ya bunda,


Jangan lupa di share ya sobat.

♥♥I love my baby♥♥

0 Response to "Perawatan Tali Pusat Bayi Baru Lahir Sebelum dan Setelah Puput Terbaru ( Cara Merawat Tali Pusar Bayi dengan Benar )"