بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Nama nama alat make up (kosmetik) wanita dan fungsinya

Hai sobat uniquee, pada kesempatan kali ini kita akan belajar mengenai nama nama alat make up atau sering juga disebut alat kosmetik, yang digunakan oleh kaum wanita  dan juga apa saja fungsi masing masingnya. Alat make up ini dugunakan untuk menunjang penampilan wajah wanita agar terlihat lebih cantik, segar dan bersemangat serta untuk menutupi kekurangan yang terdapat pada bagian wajah seperti flek hitam, jerawat dan warna kulit tidak merata.
Gambar ini merupakam gambar alat alat make up

Sobat, dengan mengetahui nama nama alat make up dan fungsinya, setidaknya kita dapat mengaplikasikannya sendiri ke wajah tanpa harus mengeluarkan uang untuk sekedar pergi kesalon. tentunya ini dapat menghemat uang anda sehingga dapat dipergunakan untuk keperluan lainnya.

Nah, sekarang langsung saja kita pelajari nama nama alat make up/kosmetik yang digunakan untuk mempercantik wanita beserta fungsinya :

1. Moisturizer

Moisturizer atau nama lainnya krim pelembab adalah sejenis krim yang berfungsi melembabkan kulit wajah dan menjaga makeup agar lebih tahan lama. Pelembab wajah sangat bermanfaat untuk mencegah kulit wajah menjadi kering apalagi karena penggunaan beragam jenis make up.

2. Foundation
Alat make up yang pertama yang akan saya terangkan adalah foundation, merupakan alas bedak dan pastinya digunakan sebelum mengaplikasikan bedak pada wajah baik itu bedak padat atau bedak tabur. Untuk menggunakan foundation pada wajah, terlebih dahulu anda harus memilih warna foundation yang cocok untuk diaplikasikan ke wajah, yaitu warna yang setipe dengan warna kulit wajah anda. Jangan sampai salah memilih foundation yang nantinya membuat kulit wajah dan kulit tubuh anda terlihat belang dan tidak merata natural.

Adapun fungsi alat make up foundation adalah untuk membuat kulit wajah halus merata dalam sekejap, memuluskan kulit wajah dengan cara menyamarkan berbagai macam jenis kekurangan yang terdapat pada kulit seperti, tahi lalat, luka, jerawat, bekas jerawat yang hitam, komedo, warna kulit yang tidak merata, kerutan, maupun tanda lahir.


Alat make up foundation ini juga terdiri dari beberapa jenis yaitu :

  • Matte foundation : foundation yang tidak mengandung minyak, cocok untuk kulit berminyak. foundation ini mudah kering dan tidak perlu digunakan dengan tebal
  • Oil- based foundation : namanya saja terdapat kata oil yang berati foundation ini mengandung minyak dan cocok bagi anda yang memiliki kulit kering.
  • Cream foundation : Merupakan foundation berbentuk krim dan mengandung pelembab didalamnya.
  • Compact foundation ; foundation jenis ini merupakan gabungan antara foundation dengan bedak tabur.
  • Sheer foundation ; Merupakan foundation yang mengandung bahan silikon memberikan bentuk kulit wajah yang bersinar alami dan bebas minyak
Namun jika anda memiliki kulit wajah yang baik tanpa memiliki berbagai kekurangan diatas, maka anda dapat mengabaikan pemakaian alat make up ini.

2. Concealer
Alat make up concealer merupakan jenis alat make up yang berfungsi menutupi lingkaran hitam yang berada di area bawah mata, bintik bintik hitam, pori besar dan kekurangan kecil lain yang terdapat pada wajah anda.

Mungkin sobat bingung, apa bedanya foundation dengan concealer karena dari segi fungsi sepertinya hampir sama. Perbedaannya adalah jika foundation merupakan alas bedak yang dipakai merata pada seluruh wajah, berbeda halnya dengan concealer yang hanya dipakai pada titik tertentu diwajah yang memiliki kekurangan yang harus ditutupi. pigmen warna pada concealer lebih tebal untuk menyamarkan noda membandel di wajah.


3. Bedak
Bedak adalah alat make up yang paling umum, yang diketahui dan digunakan hampir semua wanita. Fungsinya menyempurnakan riasan setelah pemakaian moisturizer atau foundation. Adapun jenis bedak yang biasa digunakan adalah bedak padat atau bedak tabur. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dianjurkan memakai bedak yang sesuai dengan warna kulit dan pastinya dengan butiran yang sangat halus agar melekat merata di kulit wajah.

4. Pensil alis
Alat make up ini berupa pensil dengan warna umum yang dipakai adalah coklat dan hitam. Fungsi penggunaan pensil alis adalah untuk memberi kesan tebal pada alis yang jarang, meratakan alis yang berbulu jarang, serta membentuk liukan alis yang lebih sempurna.

Biasanya pensil alis ini juga digunakan sebagai pengganti celak pada kelopak mata.

5. Eyeliner
Alat make up ini berbentuk botol kecil dengan tutup yang sejalan dengan batangan kuas kecil dan halus, berfungsi memberi garis pada bagian atas maupun bawah kelopak mata agar terlihat lebih tajam, membuat mata terlihat lebih besar dan mempercantik mata. Warna untuk eyeliner pun beragam, anda dapat membeli nya sesuai warna padanan riasan anda. 

Bagi yang kesulitan memakai eyeliner dalam bentuk kuas karena takut riasan tidak rapi, tidak usah khawatir karena eyeliner juga tersedia dalam bentuk pensil.

6. Eyeshadow
Eyeshadow merupakan alat make up yang memiliki banyak kombinasi warna. Berbentuk padat layaknya bedak. Untuk menggunakannya harus menggunakan kuas khusus berukuran kecil. Eyeshadow diaplikasikan pada kelopak mata. Fungsi dari alat make up eyeshadow ini adalah mempercantik tampilan mata supaya lebih terkesan berkelas.

7. Blash on
Alat make up ini dapat berupa padatan seperti bedak maupun seprti butiran mutiara. Memiliki beragam warna. Fungsinya memperindah pipi. Membuat pipi terkesan merona. Namun anda perlu cermat dalam memilih warna serta mengatur ketebalan aplikasinya agar tidak terlihat terlalu menor dan berlebihan.

8. Mascara
Mascara adalah alat make up yang berfungsi mempertebal bulu mata dan membuatnya terkesan lebih hitam dan panjang dari kenyataannya.

9. Lipstick
Alat make up selanjutnya adalah lipstick yang berfungsi memberi warna pada bibir dan pastinya menunjang dalam segi penampilan. Dengan menggunakan lipstick dapat membuat wajah yang tadinya terlihat letih, lemah, tidak bertenaga atau anda sedang sakit menjadi seolah bersemangat, sehat dan segar. Warna lipstick juga bermacam macam dan anda dapat memilih nya sesuai selera.

10. Pensil lip/Lipliner
Lipliner merupakan alat makeup berupa pensil dengan tujuan membentuk garis bibir sebelum mengaplikasikan lipstick. Fungsinya agar membuat bibir terkesan tebal atau justru tipis.

11. Sponge
Sobat alat make up yang satu ini berbentuk busa padat , ada yang bulat dan ada yang persegi, fungsinya untuk mengambil bedak dan lantas di aplikasikan ke wajah.

Nah sobat, itulah nama nama alat alat make up yang umum digunakan untuk mempercantik tampilan wanita beserta fungsinya, semoga informasi ini bermanfaat ya sobat.



0 Response to "Nama nama alat make up (kosmetik) wanita dan fungsinya"