بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

cara melancarkan haid tidak teratur - tidak lancar, terlambat atau sedikit secara alami

Hai sobat uniquee, menstruasi atau sering juga disebut datang bulan, haid dan mens seringkali menjadi keluhan sejumlah wanita. Hal ini karena haid mereka tidak teratur. Haid tidak teratur merupakan keadaan dimana terlambatnya siklus haid wanita dari bulan bulan sebelumnya, bisa juga terlalu cepat, tidak datang beberapa bulan, bahkan tidak haid sama sekali.

Perlu diketahui bahwa Menstruasi atau Haid adalah proses peluruhan dinding rahim yang menjadi darah akibat tidak terjadinya pembuahan. Biasanya menstruasi ini berlangsung sekitar 2- 7 hari dan 15 hari paling lama hingga benar benar bersih dan selesai.
Biasanya siklus menstruasi seorang wanita terjadi setiap 28-35 sekali.  Jika siklus menstruasi nya melebihi 35 hari atau bahkan datang lebih cepat kurang dari 21 hari sekali, maka itu lah masa dimana siklus haid dikatakan tidak teratur.

Selain dilihat dari jangka waktu, haid yang tidak teratur dan tidak lancar juga bisa dilihat dari segi lainnya seperti volume darah yang tidak sama kadang sedikit kadang banyak.

Haid tidak teratur-terlambat-sedikit-terlalu cepat-bahkan tidak datang sama sekali ini dapat terjadi pada wanita mana saja.

Penyebab Haid/Menstruasi tidak teratur :

Adapun penyebab haid/menstruasi tidak teratur adalah faktor stress, hormon, konsumsi obat obatan dan lain sebagainya, utuk informasi selengkapnya silahkan baca uraian dibawah ini :

1. Ketidakseimbangan hormon tubuh

Hormon yang tidak seimbang menjadi salah satu pemicu hingga haid menjadi tidak teratur, terlambat, cepat bahkan sedikit. Hal ini dikarenakan haid yang datang merupakan hasil kerja sama dari unsur unsur tertentu dalam tubuh yang salah satunya adalah hormon.

Ketidak seimbangan hormon ini bisa disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik karena kista kecil di indung telur.

2. Penyakit

3. Stress

4. Konsumsi obat obatan tertentu

5. Penurunan berat badan yang cukup drastis

6. Tiroid

Pada bagian leher kita terdapat kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon dan mengatur metabolisme tubuh. Jika kinerja kelenjar ini terganggu tentuny mempengaruhi produksi hormon tubuh yang ujung ujungnya memberi dampak pada stabil tidaknya siklus menstruasi.

7. Kehamilan

Jika haid/ menstruasi tidak datang, khususnya bagi yang sudah menikah atau pernah melakukan hb, hal ini bisa menjadi indikasi bahwa anda sedang hamil.

8. Penggunaan alat kontasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi seperti spiral(iud) atau pil kb nyatanya dapat mempengaruhi siklus menstruasi. Kadang haid terlambat datang dari jadwal seharusnya, kadang datang hanya berupa flek,  kadang haid terjadi selang beberapa hari saja dalam jumlah sedikit dan kadang menstruasi datang lebih lama dan dengan volume darah yang lebih dari biasanya.

Nah untuk mengatasi atau melancarkan kembali haid/menstruasi yang tidak teratur, tidak lancar, terlambat, atau sedikit ini bisa dilakukan dengan beberap langkah mudah dan pastinya alami.

1. Ganti atau hentikan penggunaan alat kontrasepsi
2. Jalankan pola hidup sehat
3. Hindari stress berlebihan
4. Lakukan pengobatan tiroid dengan terlebih dahulu berkonsultasi dengan dokter
5. Mengatasi sindrom ovarium polikistik dengan berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Agar dapat mengurangi keluhan terhadap haid anda yang bermasalah anda dapat mencoba pengobatan herbal alami dengan bahan bahan yang ada dilingkungan anda. Diantaranya :

  • Konsumsi ektrak daun jambu biji
  • Minum perasan sari kunyit
  • Minum seduhan air asam jawa
Namun jika haid yang anda alami mengeluarkan jumlah darah yang berlebihan sehingga mengharuskan anda berganti pembarut sesering mungkin serta datang dalam jangka waktu yang lebih lama dari yang seharusnya, ada baiknya untuk berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut untuk memastikan kesehatan organ reproduksi anda.

Nah, sekian informasi mengenai cara melancarkan haid yang tidak  teratur - tidak lancar, terlambat  atau sedikit secara alami.

Baca Tips dan Trik menarik lainnya yuk disini Daftar Tips & Trick Menarik

Semoga bermanfaat, bantu SHARE juga ya buat pengembangan blog ini


0 Response to "cara melancarkan haid tidak teratur - tidak lancar, terlambat atau sedikit secara alami"