بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Wisata Lobang Jepang, Bukittinggi Sumatera Barat

Sejarah Lobang Jepang

Lobang Jepang atau masyarakat Minangkabau menyebutnya "Lubang Japang", merupakan salah satu objek wisata bernuansa sejarah yang masih dijaga dan dilestarikan oleh pemerintah setempat.

Lubang jni sebenarnya lebih menyerupai terowongan panjang yang bercabang namun berhubungan satu dan lainnya.

Terowongan ini dahulu kala dijadikan sebagai markas dan tempat persembunyian bagi tentara jepang sekitar tahun 1942.

Dengan kata laon salah satu tujuan utama mereka adalah sebagai bunker pertahanan.

Beberapa tujuan utama lainnya dalam pembangunan terowongan ini olehbtentara jepang adalah sebagai tempat penyimpanan senjata serta perbekalan selama perang berlangsung, pengintaian, penjara, penyergapan, pembantaian dan beberapa fungsi lainnya. Dan fungsi-fungsi tersebut dipisahkan dalam tiap ruangan yang berbeda yang terdapat di dalam lubang jepang.

Dengan kesimpulan, setiap lubang memiliki peranan masing-masing.

Untuk pembangunan lubang jepang sendiri tentara jepang mencari dan mempekerjakan orang dari luar sumatera barat sebagai pekerja Romusha. Seperti dari Jawa, Sulawesi, dan Kalimantan, dengan tujuan orang pribumi asli sumatera barat tidak mengetahui keberadaan lubang ini, yang nyatanya dapat mengancam keberadaan para tentara jepang disana.

Lobang jepang sendiri dibangun dibawah tanah yang sangat kokoh bahkan akan semakin kokoh saat terkena air. Sebagai buktinya, sampai sekarang masih awet. Bahkan gempa pada tahun 2007 dan 2009 silam tidak banyak merusak struktur terowongan, padahal kenyataannya gempa tersebut banyak meruntuhkan bangunan megah lain dan menghilangkan banyak nyawa.

Objek Wisata

Lobang jepang ini mulai dikelola dan dijadikan objek wisata sekitar tahun 1984 oleh pemerintah kota Bukittinggi.

Namun, untuk saat ini memang suasana lubang jepang tidak seseram saat awal awal menjadi objek wisata dahulu. Jika dahulu masih berupa terowongan dengan lubang gelap gulita dan berupa tanah, tidak untuk saat ini. Sekarang dinding lobang jepang telah direnovasi dengan cara memberikan lapisan semen pada hampir keseluruhan dindingnya dan juga telah diberi penerangan yang memadai.

Untuk menyusuri objek wisata inu, saya tidak menyarankan anda untuk pergi sendirian, namun masuklah dengan berombongan agar tidak tersesat. Selain itu usahakan jangan berpwncar. Jika ingin pergi sendirian sebenarnya tidak masalah jika anda mempertimbangkan untyk menyewa jasa pemandu wisata lepas yang berada disana.

Mengenai biaya guide nya sendiri, itu semua tergantung nego anda dengan pemandu yang bersangkutan.

Lokasi lobang jepang

Lobang jepang berlokasi dikawasan Taman Panorama, bukik cangang, kayu ramang, guguak panjang, Kota Bukittinggi dan satu kawasan dengan pemandangan Objek wisata Ngarai Sianok.

Untuk menuju ke lobang Jepang ini, anda dapat memulai rute dari pusat kota Bukittinggi, tepatnya Jam Gadang.

Dari sana anda hanya membutuhkan beberapa menit untuk sampai di tujuan dengan menggunakan angkot.

Sebagai alternatif kedua, anda juga bisa berjalan kaki agar sampai kesana karena jaraknya yang lumayan dekat dengan pusat kota .

Biaya masuk ke Lobang jepang

Utuk masuk ke Lobang Jepang anda tidak dikenakan biaya apapun karena objek wisata ini masuk kedalam lingkup taman panorama. Jadi, anda hanya perlu membayar biaya masuk ke Panorama yang sekarang harganya sekitar Rp. 15.000.

Selain itu, anda hanya perlu mengeluarkan biaya jika anda menyewa seorang freelance guide disana.


BIAYA MASUK LUBANG JEPANG

Untuk masuk ke sini anda tidak akan dikenakan biaya apapun karena objek wisata ini masuk kedalam lingkup taman panorama. Jadi anda hanya perlu membayar biaya masuk ke panorama yang sekarang harganya sekitar 15000. Anda hanya perlu mengeluarkan uang untuk menyewa freelance guide nya.


TEMPAT MAKAN DISEKITAR LOBANG JEPANG

1. Rumah makan Sianok Kuliner
Lokasi : Sianok anam suku. Buka sekitar jam 08.00

2. Kedai Nasi Aua Sarumpun
Lokasi : jalan Panorama no. 31, kayu kubu, guguak panjang, kota Bukittinggi.

3. Gulai Itiak Lado Mudo Ngarai
Lokasi : jalan binuang darma, kayu kubu, guguak panjang,nkota bukittinggi.

4. Pical Sikai
Lokasi : jalan panorama no 19. C, kayu kubu, guguak panjang, kota bukittinggi.


HOTEL DAN PENGINAPAN DISEKITAR LOBANG JEPANG

1. HOTEL gran malindo
Lokasi : jalan panorama no. 30, kayu kubu, guguak panjang, kota bukittinggi.

2.wisma puri kartika
Lokasi : jalan panorama no. 16, akyu kubu, guguak panjang, kota bukittknggi.

3. HOTEL Novotel (bintang 4 )
Lokasi : jalan laras datuak bandaro, bukik cangang, kayu ramang, guguak panjang, kota bukittinggi.

4.HOTEL Bunda
Lokasi : jalan panorama no. 6, bukik cangang, kayu ramang, guguak panjang, kota bukittinggi.


0 Response to "Wisata Lobang Jepang, Bukittinggi Sumatera Barat"