بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Pengertian Qanaah

Qanaah adalah sifat rela, ridha dan menerima atas nikmat yang telah allah swt berikan kepada kita.

Dengan qanaah berarti kita bersyukur atas segala bentuk rizki yang telah diberikan dan tidak menganggap nya sepele.

Jika saja kita ingin menghitung nikmat allah tentu kita tidak akan dapat menghitungnya dan sesungguhnya pun kita tidak akan mampu.

Namun sebagian dari kita masih saja tidak bersyukur alias kufur nikmat.

Coba ingat dan renungkan beberapa nikmat nyata yang sebenarnya kita dapatkan setiap saat, tetapi seolah kita lupa.

Dari lahir, setiap detiknya hingga saat ini sobat membaca artikel ini, tidak akan mampu anda menghitung nikmat nafas berupa oksigen agar kita bisa bertahan hidup.

Anda juga menggunakan mata, mulut dan hati untuk membaca artikel ini. Bukankah itu juga nikmat nyata yang sangat besar yang di anugrahkan allah kepada kita.

Bayangkan jika anda tidak dapat membaca dan melihat?

Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak Qanaah atas sebegitu besar nikmat yang telah diterima.

Maka, nikmat allah yang mana lagi yang akan kita dustakan. Oleh sebab itu cpbalah untuk selalu qanaah alias bersyukur supaya allah makin sayang terhadap kita dan jangan lupa untuk tetap berjalan dijalan yang di ridhai nya dan menjauhi segala larangannya.

Dengan ber qanaah bukan berarti kita menjalani hidup hanya bermodalkan apa yang diterima lantas di syukuri dan selesai.

Kita juga perlu berikhtiar atau berusaha dalam hidup ini, baik ikhtiar dalam menjaga kebaikan dan nikmat yang sudah ada atau sedang berusaha mendapatkan sesuatu yang lebih baik lagi.

Keuntungan qanaah

Selain lebih mengingat sang pencipta, dengan ber qanaah kita insyaallah akan lebih bisa berfikir positif dan lebih bersabar dalam menjalani ujian dan cobaan hidup.






0 Response to "Pengertian Qanaah"