بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Cara Menanam (budidaya) Pepaya California dari biji agar sukses dan cepat berbuah

Pepaya California- Pepaya california merupakan jenis pepaya yang banyak di budidayakan oleh masyarakat indonesia. Hal ini dikarenakan pepaya california memiliki keunggulan lebih diantara pepaya varietas lainnya. Jika perihal pepaya yang dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi, di iklim tropis atau subtropis, dilahan kering maupun basah mungkin semua orang juga paham. Namun khusus untuk pepaya california lebih unggul dalam hal ketahanan terhadap hama dan penyakit. Selain itu hasil yang didapatkan dari budidaya pepaya california ini lebih melimpah dari jenis pepaya lainnya. Jadi, petani mana yang tidak akan tergiur untuk menanam dan membudidayakan pepaya jenis ini.

Perlu sobat ketahui, pepaya jenis ini dinamakan pepaya california dikarenakan saat awal pembudidayaannya dilakukan di negara amerika serikat tepatnya california.

Nah bagi sobat yang juga tertarik menanam/ membudidayakan pepaya california, anda bisa mengikuti langkah berikut ini. Semoga nantinya tanaman pepaya yang ditanam lewat biji bisa sukses dan cepat berbuah.


Cara Menanam/budidaya Pepaya California dari Biji

Untuk cara menanam pepaya california cukup gampang, dan dapat dilihat dari uraian berikut.

1. Siapkan bibit pepaya california unggulan
Walaupun bisa didapatkan langsung dari buah pepaya yang anda punya, disarankan membeli bibit unggulan yang dijual dipasaran karena tentunya kualitas nya lebih terjamin.

2. Siapkan media polibag dan isi dengan tanah humus dan kaya akan unsur hara

3. Beri sedikit lubang pada tanah di dalam polibag dan masukkan beberapa biji pepaya dengan jarak terpisah antara satu dan lainnya, jangan sekali tumpuk. Tutup kembali dengan tanah.

4. Sirami 2x sehari
Usahakan agar tanah tetap lembab dengan cara di siram atau disemprot dengan air pagi dan sore.

5. Tunggu hingga bibit siap tanam.

6. Siapkan lahan penanaman
Persiapkan lahan tanam dengan cara menggemburkan tanah lahan tersebut dan lantas menebarkan pupuk kandang agar unsur hara lahannya cukup untuk kebutuhan nutrisi anakan pepaya california nantinya.

7. Diamkan lahan sekitar seminggu agar nutrisi pupuk kandang tercampur merata ke lapisan tanah lahan tanam.

8. Lakukan penanaman bibit pepaya california

9. Lakukan penyiangan, pengairan dan pemupukan susulan

Agar proses tumbuh kembang tanaman pepaya california tidak terganggu, maka anda harus rutin membersihkan gulma maupun rumput yang tumbuh disekitar pohon pepaya california. Selain itu anda juga harus memperhatikan kelembaban tanah. Jika cuaca lumayan kering, maka pengairan diperlukan untuk mencegah pohon pepaya dehidrasi/ kekurangan asupan air.

Terakhir lakukan pemupukan secara berkala agar asupan nutrisi yang dibutuhkan tanaman pepaya untuk tetap kokoh, cepat berbuah dan berbuah lebat bisa sukses.

10, Tunggu hingga pepaya california siap panen

0 Response to "Cara Menanam (budidaya) Pepaya California dari biji agar sukses dan cepat berbuah"