بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

8 Cara memperbaiki agar laptop tidak lemot dan hang - Ampuh!!

Agar Laptop Tidak Lemot - Timbulnya masalah saat menggunakan laptop seperti laptop yang sering lemot dan hang tentu nya sangat menjengkelkan. Jika normalnya saat mengerjakan tugas dengan laptop yang berfungsi cepat dan tidak lemot cuma butuh baktu 2 jam, berbanding terbalik saat laptop sedang lemot dan hang, bisa bisa anda membutuhkan waktu dua kali lipat untuk menyelesaikan semuanya. Hal ini tentu berdampak buruk bagi segala aktifitas anda yang berhubungan dengan barang elektronik yang satu ini.

Sama kita ketahui bahwa Laptop yang merupakan perangkat keras ini merupakan barang yang sangat laku dan banyak penggunanya, menggantikan posisi komputer yang juga memiliki fungsi yang sama, namun dengan bentuk yang jauh berbeda. Jika komputer pc lebih menyerupai tv tabung dengan cpu dan keyboard yang terpisah. Ditambah lagi untaian kabel sana sinj yang membuat komputer pc semakin terlihat ribet.
Gambar ini merupakan gambar seorang wanita yang kesal menghadapi masalah pada laptopnya

Perbedaan signifikan juga terlihat pada laptop yang sangat ringan, dimana layar dan keyboard menyatu dalam sebuah engsel yang dapat dilipat. Jadi tidak heran jika laptop menjadi primadona dan banyak dipakai oleh berbagai kalangan, baik pelajar mahasiswa maupun umum dalam menyelesaikan tugas dan keperluannya.

Laptop sendiri hadir dalam berbagai merk dan harga. Mulai dari harga yang standar hingga yang mahal. Tapi bukan berarti laptop tidak memiliki kekurangan atau masalah dalam pengoperasiannya. Seperti yang sudah diutarakan sebelumnya, adapun masalah yang paling sering dikeluhkan dalam mengoperasikan laptop adalah : laptop yang lemot dan sering hang sehingga membuat pekerjaan menjadi terhambat dan membutuhkan waktu lama untuk dapat selesai tepat pada waktunya.

Imbas dari laptop yang lemot dan sering hang adalah emosi dan rasa kesal, seolah laptop rasanya mau dibanting.

Sebenarnya, ada beberapa cara memperbaiki, agar laptop tidak lemot dan hang lagi sehingga dapat beroperasi dengan cepat :

1. Hapus aplikasi yang jarang atau bahkan tidak terpakai

Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk memperbaiki laptop yang lemot dan hang adalah dengan menghapus aplikasi yang tidak terpakai. Kebiasaan sejumlah pengguna laptop, menginstal aplikasi yang dirasa bagus dan menarik, namun setelah dicoba ternyata kurang memuaskan, ujung ujungnya aplikasi tersebut dibiarkan hingga memenuhi laptop dan membuat laptop menjadi lemot, hang dan stuck.

Oleh sebab itu ada baiknya menghapus/uninstal aplikasi aplikasi jarang terpakai tersebut demi dapat mempercepat kinerja dan jalannya operasi di laptop anda.

2. Hapus Cache History

Selain untuk mengetik offline, laptop juga banyak digunakan untuk pekerjaan online, baik itu browsing dan lain sebagainya. Saking sering browsing, anda lupa bahwa banyak sekali cache yang menumpuk dan membuat pengoperasian laptop menjadi lemot. oleh sebab itu, hapus lah tumpukan cache browser anda yang telah menumpuk di bagian history browser.

3. Jangan gunakan beberapa aplikasi secara bersamaan

Kebiasaan kita yang bisa membuat laptop menjadi lemot dan tidak berjalan cepat adalah suka membuka beberapa aplikasi secara bersamaan yang membuat RAM terpakai secara berlebihan. Contohnya, memutar musik sambil browsing dan lain sebagainya.

4. Gunakan laptop/netbook cooler

Laptop/ netbook cooler sangat bermanfaat menjaga suhu laptop tetap stabil saat sedang digunakan dalam jangka waktu cukup lama.

5. Bersihkan  laptop dari kotoran dan debu yang menempel

Bisa jadi lemot dan hang nya laptop disebabkan oleh anda yang kurang perhatian terhadap laptop kesayangan. Anda sering menggunakannya, namun jarang membersihkannya.

6. Rutin melakukan scan terhadap virus dan malware

Salah satu yang memiliki andil besar dalam menyebabkan laptop menjadi lemot dan hang adalah serangan virus dan malware yang secara tidak sengaja masuk ke dalam laptop anda setelah melakukan browsing di internet serta menggunakan flashdisk yang pernah digunakan di dilaptop lain yang mungkin sudah terinfeksi virus dan malware namun belum sempat discan dan dibersihkan.

7. Menambah kapasitas RAM laptop

Cara ampuh lainnya dalam memperbaiki laptop yang lemot dan hang adalah dengan menambah jumlah kapasitas RAM agar dapat menampung lebih banyak aplikasi yang mungkin sangat anda butuhkan. Karena seringkali aplikasi yang terinstal melebihi kemampuan ram yang ada untuk menampungnya, sehingga diperlukan penambahan RAM.

8. Hapus data maupun video yang tidak penting

Terakhir, penyebab laptop lemot dan hang adalah banyak nya video yang anda simpan di laptop beserta data/tugas tugas lama yang sudah tidak diperlukan lagi, namun masih anda simpan sebagai kenangan.

Ada baiknya jika anda menghapusnya saja, dari pada kerjaan anda yang sekarang jadi terganggu.

Itu lah beberapa tips dan cara memperbaiki agar laptop tidak lemot dan hang yang dapat anda praktekkan.



Baca Tips dan Trik menarik lainnya yuk disini Daftar Tips & Trick Menarik

Semoga bermanfaat, bantu SHARE juga ya buat pengembangan blog ini

0 Response to " 8 Cara memperbaiki agar laptop tidak lemot dan hang - Ampuh!!"