بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Ingin Meningkatkan Kualitas Konten? jawab 10 pertanyaan penting ini sebelum mempublikasikan Artikel

Masing-masing blogger tentunya memiliki target masing-masing tentang seberapa banyaknya postingan yang akan dipublikasikan, entah itu 100 artikel perhari, 1 artikel perhari atau hanya 2 hingga 3 artikel perminggu yang terpenting adalah konsistensi dan seberapa baik kualitas artikel yang anda bagikan.

Hal ini dikarenakan seberapa berkualitas artikel anda menentukan seberapa berkualitas pengunjung yang akan anda dapatkan, serta seberapa berkualitas blog anda dimata mesin pencari. Semakin baik maka semakin cintalah mesin pencari pada blog anda, hingga menempatkan anda pada posisi yang anda inginkan yaitu halaman pertama.

Gambar ini merupakan gambar sebuah kaca pembesar yang menyorot tulisan "frequently asked question"
Gambar : pixabay
Oleh karena itu, anda harus pertimbangkan dengan seksama sebelum semua terlanjur dibaca semua orang salah satu upaya yang dapat anda coba adalah dengan menjawab beberapa pertanyaan berikut :

1. Sudah sempurna kah judul postingan anda ?

Judul postingan adalah hal pertama yang akan orang baca saat menemukan artikel anda. Maka dari itu, yakinkanlah diri anda jika judul tersebut benar-benar menarik, berbeda, dan mewakili keseluruhan konten yang anda buat.

2. Apakah anda konsisten dalam membuat konten?

Anda harus benar-benar memperhatikan kekonsistenan konten anda, maksudnya isi artikel tersebut harus selalu berhubungan dengan topik, jangan malah bercampur dengan bahasan lain, yang malah dapat membuat rancu dan pembaca pun bingung memahami maksud dari artikel anda.

3. Sudahkah anda menerapkan tanda baca serta memisahkan paragraf postingan anda?

Sahabat Uniquee, seseorang yang membaca tulisan kita tentunya memerlukan tanda baca untuk dapat memahami setiap baris kata-kata yang kita tulis begitu juga pemisahan paragraf. Jangan sampai artikel kita panjang namun pembaca malah tidak mengerti maksud dan tujuan artikel kita, karena semuanya sambung menyambung menjadi satu dari awal hingga akhir postingan. Sampai sampai visitor sesak nafas karena tidak ada titik dan koma.

Tidak hanya itu, ada baiknya juga menggarismiringkan, mem bold ( menghitamkan ) kata atau kalimat mana yang perlu ditekankan.

4. Sudahkah anda membuat link internal dan link keluar dengan benar?

Agar banyak postingan yang dibaca pengunjung tak heran jika seorang blogger menyisipkan link-link dalam suatu postingan seperti link menuju postingan lain di dalam blog yang sama ( internal link) atau link keluar menuju blog lain.

Ada beberapa hal yang musti diperhatikan.

jika benar benar ingin membuat link atau tautan, maka berikanlah tautan yang menuju ke postingan yang relevan dengan postingan saat ini. Jangan sampai anda membahas pakaian malah menautkan pada postingan ya g membahas SEO.

jangan menyisipkan link didalam paragraf karena ini sangat dilarang oleh Google.

Berikanlah kalimat link yang sesuai dengan judul postingan tujuan.

Contoh : postingan tujuan : Cara meningkatkan trafik dengan sosial media

Link : Cara Meningkatkan Trafik Dengan Sosial Media

Jangan membuat link dengan kalimat " KLIK DISINI"

5. Sudahkah anda menambahkan 1 atau 2 gambar penunjang?

Tidak dipungkiri kalau blog dengan gambar lebih menarik dibanding blog yang isi nya tulisan saja. Sebagian orang bahkan mengabaikan artikel berkualitas hanya karena tiada gambar penunjang didalamnya.

6. Sudahkah anda menambahkan Alt teks ?

Apa itu alt teks, alt teks adalah teks alternatif yang digunakan dan akan tampil saat gambar didalam artikel tidak dapat muncul dikarenakan beberapa alasan seperti : 

  a. Masalah Jaringan
  b. Loading blog yang berat

Contoh penggunaan alt teks,

Judul : Boneka

Alt Teks : Gambar ini adalah gambar boneka beruang berwarna coklat dengan dasi pita merah, sedang bersandar pada sebuah kursi.

Jangan anggap remeh, alt teks ini merupakan salah satu SEO yang dianjurkan pihak Google.

7. Sudahkah anda membuat penanda sub bagian dengan simbol seperti, huruf, angka, atau tanda lainnya.

Hampir sama fungsinya dengan tanda baca dan pemisahan paragraf, membuat penanda sub bagian juga menjadi bahan pembantu agar materi didalam artikel dapat dimengerti pengunjung mulai dari topik utama hingga bagian bagian kecilnya.

Contoh :

1. .
2..
3..
    a..
    b..
4..
    a..
    b..
    c..
         ◆
         ◆
         ◆

8. Sudahkah anda memberikan label artikel anda?

Dalam menjelajahi sebuah blog, diperlukan label untuk memudahkan para pembaca dalam menavigasi blog anda. 

Bayangkan saja jika blog anda merupakan blog gado-gado tanpa label, mencakup bahasan bola, seo, kesehatan, olahraga. Tanpa label, bagaimana mereka akan mencari artikel yang diinginkan sedangkan urutannya campur aduk?

Untung kalau si pembaca sabar mencari, kalau dirasa bakalan ribet, bisa-bisa blog anda ditinggalkan dan dicap menyusahkan sehingga para pengunjung malas untuk berkunjung kembali.

9. Sudahkah anda membuat tautan Permanen Khusus

Pernah melihat Url postingan para master blogging, lihat betapa singkat dan padatnya judul url.

Url yang mengandung kalimat singkat, padat dan mencerminkan judul serta konten sangat memudahkan bagi para pembaca jika ingin menyimpan url tersebut.

Jangan sampai url tautan permanen anda amburadul karena tidak diedit dan langsung diposting, seperti beberapa url postingan saya terdahulu yang tidak diedit, berhubung belum paham betul dengan manfaat tautan permanen khusus. Hal ini terjadi saat saya baru belajar ngeblog.

Contoh :

Judul artikel : Cara Optimasi SEO yang dapat meningkatkan trafik blog dengan cepat

Tautan Permanen otomatis : Cara-optimasi-SEO-yang-dapat-meningkatkan.html

Tautan Permanen khusus : Cara-Optimasi-SEO.html
(Ini adalah url tautan yang sudah diedit)

10.  Terakhir, sudahkah anda beri tanggapan postingan ini?







2 Responses to "Ingin Meningkatkan Kualitas Konten? jawab 10 pertanyaan penting ini sebelum mempublikasikan Artikel"

  1. iya nih judul penting banget, karna kalau judul gak menarik para pembaca pun akan malas melanjutkan membaca isinya hehe
    Makasih bro info2nya :D

    ReplyDelete
  2. iya setuju bget saya mas, saya sndri juga begitu, setelah menulis artikel saya kembali mereview kata2nya kalau ada kslahan lgsg saya fix dan kalau memg sdh bnr2 bgus baru kemudian saya publikasikan :)

    ReplyDelete