بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Terungkap!! TERNYATA ini Penyebab Tinja Pertama Bayi Berwarna Hitam [MEKONIUM]


Bagi ibu ibu yang pernah melahirkan mungkin sudah kenal dengan tinja bayi ini, namun mungkin belum paham betul kenapa tinja pertama tersebut berwarna hitam.

Tinja pertama bayi yang dalam istilah medis  disebut dengan MEKONIUM, memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

Gambar ini merupakan gambar tempat tidur bayi berwarna putih dengan boneka teddy bear
Gambar : pexels
》Jika biasanya tinja mengeluarkan bau yang sangat menusuk hidung alias berbau busuk,berbeda dengan MEKONIUM yang justru tidak berbau. Hal ini dikarenakan apa yang diasup bayi didalam kandungan tidak mengandung bakteri  alias steril berbanding terbalik dengan asupan makanan diluar yang sangat mudah terkontaminasi bakteri penyebab tinja berbau.







Mekonium berasal dari hasil pencernaan bayi terhadap air ketuban, pengelupasan sel kulit dan perontokan bulu halusnya selama berada didalam kandungan. Jadi, anda para ibu jangan heran seandainya menemukan rambut halus di mekonium bayi.

》Berwarna kehitaman dan bertekstur lengket.


》Normalnya keluar dalam rentang 24 jam setelah kelahiran, namun sejumlah kasus menunjukkan bahwa mekonium dapat keluar saat mengandung yang dapat dipicu oleh stress pada janin.



Adapun bahaya jika terhirup cairan ketuban yang mengandung mekonium adalah terjadinya keracunan dan terganggunya saluran pernafasan janin akibat iritasi yang ditimbulkan.


Oleh sebab itu, ada baiknya secara terjadwal mengunjungi dokter kandungan pada trimester akhir untuk mencek bagaimana keadaan kehamilan serta cairan ketuban anda. Karena, jika ternyata terjadi keracunan mekonium ( syndrom aspirasi mekoniu ) , anda tentunya dapat mengkonsultasikan lebih awal langkah medis apa yang dapat anda lalui demi menyelamatkan kehidupan janin anda.


Catatan : Tinja pertama bayi bisa juga tidak muncul selang beberapa hari setelah bayi lahir, dengan beberapa sebab yang mungkin terjadi seperti gangguan saluran pencernaan dan ketiadaan anus bayi. Maka, bersegeralah mengkonsultasikannya dengan dokter ahli untuk mendapatkan saran dan penanganan lebih lanjut.

Semoga bermanfaat

0 Response to "Terungkap!! TERNYATA ini Penyebab Tinja Pertama Bayi Berwarna Hitam [MEKONIUM]"