بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Bayi Sering Muntahin ASI!! Coba Cara TEPAT Mencegah dan Mengatasi Bayi Gumoh/ Muntah ASI ini

Cemas tidak karuan begini lah kira kira perasaan seorang ibu saat melihat anaknya Gumoh atau memuntahkan ASI, terlebih bagi ibu yang baru memiliki anak pertama dan belum memiliki pengalaman tentang hal ini. Mungkin rasa cemas juga bercampur kesal " kenapa asi nya dimuntahin terus !!!

Jangan khawatir jika muntah asi terjadi sesaat setelah menyusui dan keluar nya seperti air mengalir dari mulut bayi umumnya itu adalah hal wajar menimbang saluran pencernaan bayi masih dalam tahap berkembang, terlebih lagi masih lemahnya otot dibagian bawah tenggorokan yang memungkinkan asi mengalir kembali dari mulut ke kerongkongan.

Ini merupakan gambar bayi yang sedang menganga
Gambar : pexels
Selain itu faktor udara yang masuk juga menjadi penyebab menonjol dalam terjadinya gumoh ini. Bagaimana tidak, saat ibu sedang menyusui secara tidak langsung udara juga ikut terhirup bersama asi saat anak menyusu. Udara yang tertahan di pencernaan akan berusaha keluar kembali dalam bentuk sendawa namun karena udara didalam saluran cerna bercampur dengan air susu yang notabene nya juga agak ringan maka asi juga ikut terbawa saat anak bersendawa.

Faktor ketiga, dikarenakan aktifitas bayi yang agak berlebihan setelah menyusu baik itu distimulasi oleh ibu atau memang murni dari si bayi itu sendiri. Maka dari itu, diharapkan ibu jangan menstimulasi bayi untuk bicara atau bergerak sesaat setelah menyusu.

Penanganan saat gumoh terjadi

Jika gumoh sedang terjadi, ada beberapa catatan penting yang harus para ibu ingat agar tidak membahayakan bayi.

>jika saat gumoh, bayi dalam posisi telentang, jangan gendong bayi , miringkan badan bayi agar gumoh asi keluar dengan baik, jika  dibawa berdiri bessr kemungkinan asi masuk kembali dan memasuki rongga paru-paru yang dapat membahayakan.

>jika saat gumoh bayi sedang di gendong, condongkan kepala bayi kedepan untuk mencegah masuknya kembali asi gumoh.

Lantas bagaimana cara mencegah dan meminimalisir gumoh???

Adapun cara meminimalisirnya adalah;

Jika selesai menyusui bayi belum gumoh gendonglah bayi dalam posisi berdiri dan kepala disandarkan kebahu ibu, perhatikan jangan sampai hidungnya tertutupi badan. Usaplah punggung bayi biarkan dalam posisi seperti itu selama kurang lebih 10 menit hingga bayi sendawa mengeluarkan angin yang terhirup masuk saat menyusui.

0 Response to "Bayi Sering Muntahin ASI!! Coba Cara TEPAT Mencegah dan Mengatasi Bayi Gumoh/ Muntah ASI ini "