بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Cara Memilih Telur Berkualitas Bagus dari Segi Fisik

Sahabat Uniquee, 

 Telur dulu apa ayam ya?????

Wah telur dulu aja deh heeheheheh..

Kadang setelah kita membeli telur beberapa hari kemudian saat akan dimasak ternyata telur sudah dingin, kuningnya pecah, bahkan ada yang kuning nya lengket didalam dan jamuran. Nah gimana sih cara memilih telur yang bagus.

Gambar ini merupakan contoh gambar telur berkualitas bagus
Gambar : pixabay
Sahabat umaii, tips berikut ini hanya sebagai bantuan dalam meilih telur yang lebih bagus bukan berarti umaii memastikan kalau telur tersebut memang benar benar bagus, karena umaii bukan ahli dalam teropong telur hehehe..

  • Sahabat uniquee, telur yang bagus biasa nya adalah telur dengan cangkang berwarna coklat baik yang agak muda atau coklat tua , ada juga kala nya telur yang dibeli memiliki cangkang yang berwarna putih. Telur jenis ini kurang tahan lama dikarenakan cangkang nya yang sangat tipis dan mudah pecah. Selain itu sebagai pembeli kita juga bisa meraba ketebalan kulit telur, kalau kulit telur teraba agak  tebal kemungkinan telur ini lebih baik.


  • Sebagai tambahan jika saat dipegang telur terasa berguncang, sebaiknya telur seperti ini jangan dibeli karena biasa nya telur sudah dingin bahkan ada yang kuningnya sudah pecah didalam.


  • Yang terakhir, untuk mengetahui telur yang kita beli masih bagus atau tidak adalah dengan mencium aroma nya. Telur yang tidak layak dikonsumsi biasanya akan berbau tidak sedap dikarenakan isinya yang sudah mulai membusuk. Ketelitian ini diperlukan karena kadang kala penjual mencampur telur yang baru dan yang lama agar telur lama tetap terjual dan mereka tidak mengalami kerugian yang besar.



Tapi baiknya adalah, sebagian penjual mengizinkan pembeli untuk menukar telur yang dingin atau yang tidak layak konsumsi dengan yang baru

0 Response to "Cara Memilih Telur Berkualitas Bagus dari Segi Fisik"