بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيْمِ Semua yang baik dan bermanfaat dari blog ini bersumber dari allah Swt, Begitupun segala manfaat dan mudharat yang diterangkan dalam artikel semua terjadi atas izin allah swt. Namun, sebaliknya kekurangan dan kesalahan adalah milik saya. Oleh sebab itu, mohon maaf jika terdapat kesalahan dan kekurangan dalam sisi manapun dalam blog ini. Jika kurang berkenan mengenai gambar maupun tulisan silahkan ajukan pengeditan melalui halaman "contact us".

Jam Gadang di Bukittinggi (Sumatera Barat), Menara dengan taman indah dan segudang fasilitas

  • Sejarah Jam Gadang
Jam Gadang yang menjadi salah satu objek wisata kenamaan ini merupakan sebutan untuk sebuah menara jam besar oleh masyarakat minangkabau (provinsi Sumatera Barat).

Terbuat dari campuran kapur, pasir putih dan putih telur. Bahan ini digunakan mungkin karena pada pemerintahan hindia belanda belum ada yang nama nya semen, jadi putih telur adalah alternatif terbaik sebagai perekat.

Jam gadang ini didirikan sebagai hadiah dari Ratu Belanda kepada Rook Maker, seorang sekretaris Kota Fort de Kock ( sekarang bernama Kota Bukittinggi) pada pemerintahan Hindia Belanda.

Sedangkan Perancang nya adalah seorang Minangkabau asli bernama Yazid Abidin Rajo Mangkuto.

Untuk biaya pembangunan menara jam ini menghabiskan biaya yang cukup besar. Bagaimana tidak, sekitar 3000 gulden dikeluarkan demi pembuatannya. Untuk masa tersebut , biaya sebesar itu bisa dibilang sangatlah fantastus.

Mengenai bentuknya dari zaman ke zaman memang tidak mengalami perubahan yang cukup signifikan, hanya bentuk atapnya saja yang cenderung diubah karena disesuaikan pada zaman pemerintahan masing-masing.

Pada zaman pemerintahan belanda bentuk atapnya bulat dengan patung ayam diatasnya.
Pada saat jepang menduduki wilayah indonesia, termasuk sumatera barat, entuk atapya diubah menyerupai pagoda.
dan terakhir saat indonesia kembali merebut kemerdekaan, atap dirubah kembali dirubah menyesuaikan bentuk atap rumah adat asli orang minangkabau (masyarakat provinsi sumatera barat) yaitu  atap Bagonjoang yang meliuk runcing keatas menyerupai tanduk kerbau.

  • Lokasi Jam Gadang

Jam gadang berada tepat di jantung kota Bukittinggi. Jika anda menggunakan transportasi umum atau pribadi dari ibukota sumatera barat (Padang). anda membutuhkan waktu setidaknya 2 jam. sedangkan jika anda memulai perjalanan dari kota padang panjang, anda cukup menghabiskan waktu sekitar setengah jam saja.

untuk sampai dilokasi ini, cara nya cukup mudah, baik dari Kota Padang ataupun dari Kota Padang Panjang, anda cukup berkendara lurus hingga sampai di Jam Gadang. tidak ada belok kanan belok kiri saat anda sudah memasuki wilayah bukittinggi. walau anda menemukan ada belokan, jangan pernah berbelok.

Jam gadang memiliki area  yang cukup luas dimana terdapat taman dan pepohonan rindang. Disana juga tersedia kursi taman tempat anda duduk dan bersantai. toilet umum juga di rediakan di area jam gadang, supaya pengunjung tidak kesulitan pergi kesana kemari mencarinya. Tentunya ini sangat memberi kemudahan.

Lokasi ini sangat strategis karena berdampingan dengan segala kebutuhan wisatawan baik dari sisi depan, belakang, samping kanan, dan samping kiri.

Bisa adibilang, disekeliling Jam Gadang terdapat tempat-tempat tujuan utama lainnya, yang hanya berjarak sangat dekat seperti Pasar Atas, Pasar Bawah, Hotel Novotel, CfC, Kebun Binatang Kinantan. Bahkan ada yang berjarak beberapa langkah saja, cuma di batasi jalan sekitar 2 meteran seperti Pusat Perbelanjaan Mall Ramayana.

  • Tarif Masuk

Jika ingin mengunjungi, bersantai dan melihat Jam Gadang, anda tidak perlu khawatir karena tidak sepeser pun uang yang akan anda keluarkan alias objek wisata ini gratis. Hanya biaya parkir kendaraan saja yang dikenakan bayaran.

  • Fasilitas Umum

Jam gadang sendiri memberikan fasilitas wifi  gratis dan toilet umum yang berada di area jam gadang seperti yang telah saya utarakan sebelumnya. disana juga terdapat banyak pedagang kecil yang melengkapi kebutuhan pengunjung.

Anda dapat menikmati jajanan lokal yang di jual seperti Kerupuk Kuah (Kerupuk lebar dengan topping kuah sate padang dan bihunberbumbu), air mineral. mereka juga menjajakan aneka permainan anak jika anda membawa balita, seperti mainan gelembung sabun, boneka, mobil mobilan. ada juga yang menjajakan  baju khas jam gadang dengan sablon jam gadang.

Mengenai kebersihan jangan diragukan, pemerintah daerah telah menurunkan petugas secara langsung setiap harinya untuk menertibkan pedagang nakal yang tidak tertib dan dapat mengganggu kenyamanan pengunjung.

Tidak hanya pedagang, tetapi hal ini juga berlaku bagi pengunjung berpasangan yang bukan suami istri yang menyalahi aturan tata krama alias berlaku kurang pantas dalam tanda kutip.

  • Penginapan ( Hotel)


Jangan susah susah memikirkan penginapan, banyak penginapan yang berjarak dekat disini, bahkan bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki.

1. Hotel Novotel ( Bintang 4)

Lokasinya berada disamping Ramayana, hanya beberapa meter dari lokasi Jam Gadang, bahkan bisa dilihat langsung dari Jam Gadang.

Alamat lengkapnya di jalan Laras Datuak Bandaro, Bukik Cangang, Kayu Ramang, Guguak Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat. Telp. 0752 35000

2. Hotel Jogja

Berada dibawah turunan jenjang menuju Pasar Bawah. Untuk sampai kesana sangatlah mudah. saat anda berada dilokasi Jam gadang berjalan lah ke arah pasar lereng. Langkah pertama saat berjalan menuju pasar lereng, disebelah kanan anda akan mendapati jenjang menurun. Turunilah jenjang tersebut. saat sampai dibawah, beberapa meter kesebelah kanan anda akan langsung melihat hotel Jogja.

3. Hotel Ambun Suri ( Bintang 2)

Untuk mencapai lokasi Hotel Ambun Suri, anda cukup menyusuri jalan setapak ke arah Taman Patung Bung Hatta, dan dipersimpangan, anda akan menemukan Hotel Ambun Suri. Di area hotel ini juga menyediakan beberapa ATM yang dapat anda gunakan jika ingin menarik uang.
3


0 Response to "Jam Gadang di Bukittinggi (Sumatera Barat), Menara dengan taman indah dan segudang fasilitas"